Mohon tunggu...
Yushardani Rohmah
Yushardani Rohmah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

berusaha menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pancasila sebagai Ideologi Bangsa?

29 Oktober 2021   03:46 Diperbarui: 29 Oktober 2021   03:53 59 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Halo semuanyaaaa, gimana kabar kalian? Semoga kalian semua sobat onlineku diberi kesehatan dan kebahagiaan ya. Dan untuk sobat online ku yang sedang putus cinta bisa cepet muvon ya xixi :D.

Yup sesuai dengan judul, kali ini aku bakalan membahas mengenai ideologi pancasila.

Negara yang ingin berdiri kokoh dan kuat perlu memiliki ideologi Negara yang kokoh dan kuat pula. Ideologi dalam kehidupan kenegaraan membangun suatu bangsa berdasarkan pemikiran dan keinginan terdalam dari rakyat tentang nilai-nilai dasar yang ingin diciptakan dan diwujudkan oleh mayoritas rakyat. 

Dalam hal ini, Indonesia menggunakan Pancasila sebagai ideologi bangsanya. Pancasila telah ada dalam segala bentuk kehidupan rakyat Indonesia.  Pancasila dipergunakan sebagai pedoman hidup sehari-hari, yang diterapkan atau dilakukan dalam kehidupan sehari hari dan sebagai pedoman dalam semua kegiatan/aktivitas hidup di segala bidang, tidak boleh bertentangan dengan norma agama, norma hukum, norma kesusilaan, dan norma sopan santun. 

Oleh karena itu, Pancasila sebagai ideologi negara menjadi sarana ampuh dalam mempersatukan bangsa Indonesia dan dapat memberi petunjuk dalam mencapai kemakmuran dan kebahagiaan internal dan ekternal bagi masyarakat Indonesia yang berragam.

Pancasila merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, karena dalam masing-masing sila dalam pancasila  itu tidak dapat dipindah atau ditukar tempatnya. Bagi bangsa Indonesia, pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan negara Indonesia. Mempelajari Pancasila lebih dalam menjadikan kita sadar sebagai bangsa Indonesia yang memiliki jati diri dan harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan identitas bangsa yang lebih bermartabat dan berbudaya tinggi.

Ideologi Pancasila adalah pandangan atau nilai-nilai luhur budaya dan religius yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya dengan berdasar kepada lima sila dalam pancasila. Dengan kata lain, semua nilai yang terkandung dalam Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia berfungsi sebagai sarana pemersatu, memperkukuh, serta memelihara kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia. Artinya, pancasila merupakan alat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Yang mana ini didasarkan pada sila ketiga Pancasila yaitu "Persatuan Indonesia". Sila ketiga ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki perbedaan yang beragam di dalam masyarakat Indonesia baik itu perbedaan bahasa, suku, ras, agama, bahkan budaya yang berbeda. 

Sila ketiga ini juga menunjukkan adanya pemahaman bahwa perbedaan itu sesuatu yang tidak mungkin dihilangkan oleh manusia. Justru dengan kita menempatkan kesatuan dan persatuan di atas kepentingan pribadi atau kelompok dan juga mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika, bangsa kita dapat dikenal sebagai bangsa yang kokoh berdiri di atas keberagaman yang ada.

Pancasila sebagai ideologi bangsa juga memiliki fungsi sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia serta menunjukkan jalan dan mengawasi dalam upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila. Yang mana ini memiliki arti bahwa pancasila dapat dijadikan petunjuk untuk menyelesaikan berbagai konflik atau permasalahan yang terjadi pada masyarakat. Fungsi pancasila sebagai pedoman hidup juga dapat menjadi sebuah cara untuk menyelesaikan persoalan ekonomi, social, budaya, dan politik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan