Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Adu Bising Di Sirkuit Mandalika, 17 Tikungan Menuju Juara Sebuah Pengalaman Olahraga dan Alam yang tak Terbatas

18 November 2021   22:31 Diperbarui: 18 November 2021   22:36 1035 25 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : Kompas.com, superapps.kompas.com

Adu Bising Di  Sirkuit Mandalika, 17 Tikungan Menuju Juara !

Memegang Karet ban motor  tunggangan Pebalap MotoGP  sebelum dan selepas balapan adalah sesuatu yang sangat saya impikan.  Sama seperti keinginan ku yang menurut orang sangat absurd kalau diberikan kesempatan berada di tembok Cina (The Great Wall) saya akan menyiapkan penggaris untuk menghitung berapa cm panjang batu yang merekat di tembok tersebut.  Bedanya impian saya yang pertama sudah kesampaian saat menonton pertamakalinya Balapan MotoGP di Sepang Malaysia. Ini terjadi ketika saya memenangi lomba yang diadakan oleh Kompasiana.

Keinginan menonton balapan MotoGP sudah kesampaian.  Tanggal 25 Oktober 2015, saya  bersama fans  Valentino Rossi menyambangi  paddock sesaat sebelum lomba dimulai. Sayangnya di Penghujung Tahun 2021   Pebalap legenda hidup ini telah menyatakan dirinya  pensiun tahun ini. 

Sedih rasanya, namun itulah dunia profesionalisme . Siapa yang merasa dirinya sudah tidak bisa bersaing tak akan pernah memaksakan dirinya untuk bertanding. The Doctor is The Best.

Saat menonton adegan seru ketiak  Vale - 46 membuat jatuh pesaingnya  Marquez di arena pacu, saya membayangkan kalau drama ini ada di sirkuit Indonesia pasti lebih seru. Soalnya banyak sekali fans asal Indonesia kala itu  yang datang ke sirkuit untuk menyaksikan para jagoannya berlomba.

Alhamdulillah sekarang benar -- benar terwujud. Indonesia telah memiliki sirkuit terbaik dan juga aspalnya yang ditengarai terbaik di dunia. Mandalika -- NTB.

Mandalika Sebuah Destinasi

Dahulu kala, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB)  sudah terkenal seantero Indonesia dan dunia. Karena Wilayah yang menghadap Lautan Hindia ini merupakan anugerah Tuhan yang tak terhingga karena wisata pantai dan lautnya.

Kawasan ini juga menyimpan banyak potensi wisata olahraga lainnya seperti balap sepeda, balap mobil, lari, triathlon, pendakian gunung, trekking, motocross, dan juga olahraga air seperti selancar dan paralayang.

Kini, saat Presiden Jokowi dengan pakaian 'super' nya  meresmikan Sirkuit Mandalika yang kini berubah namanya menjadi Pertamina Mandalika International Street  Circuit , semua orang terperangah tanpa terkecuali.  Apalagi  motor berwarna  hijau  yang ditugganginya  untuk menjajal  sirkuit  dengan 17 tikungan  ini membuat kagum  para  penggemar motor termasuk saya    dan merasa 'down' sendiri  karena spesialnya roda dua tunggangan sang presiden.

Oh iya, hampir lupa kalau kalian belum pernah melihat betapa cepatnya Pebalap MotoGP memacu hingga lebih dari 300 km di lintasan lurus, maka di Sirkuit Mandalika ini jangan melupakan trek tikungan ke-10 (sepuluh) . Di sinilah batas maksimum Pebalap diuji hingga mencapai 350 km per jam  baik 11 tikungan ke kanan  dan 6 tikungan ke kiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan