Mohon tunggu...
Yusep Hendarsyah
Yusep Hendarsyah Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer, Blogger, Bapak Dua Anak

Si Papi dari Duo KYH, sangat menyukai Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Empat Hal yang Membuat Danamon Beda di Mata Generasi "Milenial"

23 November 2017   09:30 Diperbarui: 23 November 2017   15:56 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampilan Website yang informatif

4 Hal yang Membuat Danamon Menjadi Pilihan Generasi Milenial

1. Danamon konsern pada pengembangan produk untuk generasi milenial, yaitu generasi yang melek teknologi dan lahir Tahun 1980 s.d 1995 ;

2.Danamon memiliki produk perbankan yang kompetitif;

3.Danamon satu satunya Bank yang konsern pada pemberdayaan sosial, bersama kementrian perdagangan menggagas Pancawara, sebuah penghargaan kepada pengelola pasar rakyat di seluruh Indonesia;

4. Informasi beragam disajikan dengan apik sesuai tuntutan zaman dan bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja tidak harus menjadi nasabah Bank Danamon;

Keempat hal itulah yang membuat saya selalu tertarik akan kehadiran Bank  yang memiliki dominasi warna kuning keemasan ini. Beberapa kali mengikuti kegiatannya secara ofline menjadikan saya sadar bahwa Bank ini memiliki visi yang berbeda dengan bank konvensional lainnya. Kalau tak percaya buka saja websitenya!

SAATNYA PEGANG KENDALI

menjelajahi satu demi satu fitur yang ada di dalam website Danamon
menjelajahi satu demi satu fitur yang ada di dalam website Danamon
Sedari awal , saya belum "ngeh"akan tagline ini. Saatnya pegang kendali maksudnya apa ya? Karena rasa keingintahuan saya yang besar jadilah saya penasaran menjelajah websitenya www.Danamon.co.id

Tampilan atasnya berupa pilihan Personal, Bisnis, E-Banking, Karir  dan terakhir Tentang Danamon. Nah biasanya dan hampir kebanyakan seseorang akan mengklik tampilan personal , danbenar saja saya pun mengkliknya dan keluarlah tampilan informasi tentang simpanan, pinjaman, kartu transaksi, E-Banking, Danamon Privileger, asuransi, partnership, investasi, syariah (personal) dan lainnya.

Tampilan website yang baik membuat pembacanya betah berlama lama untuk mencari informasi yang menarik, dan web ini saya anggap berhasil dengan tampilan warna dan perpaduan tulisan dan gambar yang tidak membuat mata sakit.

 Dari sekian banyak produk tabungan perbankan yang saya miliki baik dari bank nasional maupun swasta, tak sekalipun saya menyempatkan membaca segala informasi yang berkenaan di dalamnya, apalagi menjelajah dari satu bagian ke bagian lainnya.

Jujur saja, Danamon sedikit berbeda dan mungkin saja bank lain tidak menyasar segment apa yang Danamon lakukan saat ini. Sesuai dengan taglinenya , Bank Danamon layak pegang kendali.

Apa yang akan kita lihat, apa yang kita baca dan apa yang akan kita lakukan untuk mewujudkannya,   

setidaknya relevan untuk menggambarkan apa yang dilakukan Danamon saat ini untuk menggaet nasabah generasi milenial.

Sejak berdiri pada 16 Juli (61 tahun lalu), salah satu bank terkemuka di Indonesia ini terus melakukan perubahan. Dan perubahan demi perubahan itu tidak lain sebagai bentuk adaptasi terhadap situasi dan tuntutan zaman.  Salah satu bentuk adaptasi yang tengah dilakukan Danamon adalah menyesuaikan layanan perbankan dengan tren zaman ini.

Ketika era digital begitu dekat dengan hidup kita, saat bangun tidur mata langsungtertuju pada gadget, saat sarapan , saat berinteraksi dengan teman sejawat bahkan di ruang ruang publik  gadgt seolah tak lepas dari genggaman kita .

Saat ini kita telah memasuki zaman digital sejak kemunculan jaringan internet yang mempermudah aktivitas komunikasi dan informasi, oleh karenanya kini saatnyalah kita  pegang kendali tentang apa yang kita peroleh dan tentang apa yang kita butuhkan.  

DUA MOMEN BERHARGA

 

Setidaknya ada dua momen berharga yang saya ikuti sebagai apresiasi saya terhadap kiprah Bank ini;

  • Selasa, 26 September 2017 menjadi salah satu babak penting dalam sejarah perjalanan PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Bertempat strategis di kawasan  Jakarta Selatan, Danamon meluncurkan corporate website baru dan kanal komunikasi baru, saya dan sekitar 20 orang Blogger turut hadir dalam acara ini;
  • Berikutnya saat ada penghargaan Pancawara, sebuah acara penghargaan terhadap pengelola pasar dan saat itu saya baru tahu ada istilah ini di acara tersebut. Pancawara membuka hati banyak pihak, bahwa pasar rakyat bisa berbenah menjadi pasar yang  baik dan sehat serta dirindukan aktivitasnya.

Kehadiran website www.danamon.co.id dan formasi akun sosial media resmi Danamon adalah penyesuaian Danamon terhadap perkembangan zaman. Saya yang bukan nasabahnya saja kadang mencari info tentang perbankan semisal mencari informasi kurs nilai mata uang, tinggal geser mousenya ke arah sebelah tengah kanan layar maka tampilannya akan muncul dengan mudahnya. Kok saya jadi "terhegemoni"begini ya? Mungkin karena saya lahir di Tahun 80 (sebagai generasi milenial) dan Danamon mengapresiasi generasi ini untuk melek perbankan juga.

"Bank harus mengikuti perubahan dan Danamon pun mengikuti perubahan itu. Saat ini Danamon memang belum menjadi yang terdepan dalam digital platform, tetapi Danamon akan terus bergerak ke arah sana," ungkap Toni Darusman, Chief Marketing Officer Danamon saat itu.

Kehadiran generasi milenial dan perkembangan dunia digital yang berjalan cepat menuntut Danamon untuk ikut serta di dalamnya. "Danamon beradaptasi dengan generasi milenial saat ini. Memanfaatkan momentum untuk relevan dengan target audience,"

Menurut pimpinan dari perusahaan konsultan strategi pemasaran, sekitar 50 persen penduduk Indonesia belum tersentuh akses perbankan. Sementara itu, mayoritas  atau sekitar 60 persen perbankan masih terpusat di Pulau Jawa.  Informasi berikutnya adakah  sebagian besar transaksi,  sekitar 80 persen masih dalam bentuk cash atau uang tunai.

Danamon memiliki kesempatan untuk meraih pangsa pasar para pengguna internet di seluruh Indonesia yang merupakan salah satu pengguna terbesar di dunia. Danamon dengan berbagai fiturnya yang ditampilkan di website setidaknya mewakili kegundahan kaum milenial untuk mendapatkan informasi  tentang dunia perbankan secara mudah tepat dan akurat.  Digital Journey bersama Danamon menambah literasi perbankan kaum milenial saat ini. Untuk meningkatkan efektivitas, kualitas serta kecepatan terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) memperkuat kanal komunikasi digital melalui digital journey. Hal ini ditandai dengan peluncuran Corporate Website dan persona Instagram baru agar interaksi digital lebih cepat dan mudah diakses oleh nasabah. Pengalaman Menjelajahi Dunia Perbankan dengan Teknologi Digital bisa juga Anda rasakan dengan cara mencari tahu di portal website  ataupun di akun media sosial Danamon.


#semogabermanfaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun