Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Mungkinkah Bank DIGI Akan Menjadi Jenis Baru?

10 November 2021   14:24 Diperbarui: 11 November 2021   00:04 930 19 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Bank DIGI | sumber : finance.detik.com

Hadirnya beragam bentuk produk, jasa bahkan entitas bisnis pada umumnya karena didorong oleh praktek-praktek yang sudah ada di kalangan konsumen, pelaku bisnis bahkan masyarakat keseluruhan.

Artinya, produk maupun organisasi bisnisnya belum ada secara legal formal tetapi in praxis area sudah ada dan dijalankan oleh publik. Sejauh tidak ada problem yang meresahkan, biasanya praktek itu akan terus berjalan dan berkembang.

Hal yang sama juga dengan munculnya BANK DIGI, Digital Banking yang sudah mulai rame dijadikan perbincangan publik. Bahkan beragam analisa tentang Bank Digi ini bermunculan, termasuk OJK yang mempunyai kuasa mengatur hal ini pun turun tangan memberikan directions tentang kemunculan Bank Digi ini.

Hanya Ada 2 Jenis Bank

Secara legal formal hanya ada dua jenis bank yaitu (i) Bank Umum, dan (ii) Bank Perkreditan Rakyat. Hal ini sesuai dengan aturan perundangan-undangan yang berlaku hingga saat ini, yaitu Undang-Undang Perbankan.

Artinya, Bank Digi tidak ada dan tidak dikenal secara hukum perbankan di Indonesia dan karenanya tidak ada yang perlu di persoalkan.

Tetapi, mengapa OJK sendiri memberikan definisi atau pengertian tentang Bank Digi? Jawabannya, karena sebagai sebuah konsep tentu saja membutuhkan kejelasan makna tentang istilah Bank Digi.

Tentu saja pertanyaan yang menggoda dan menarik untuk dicermati adalah mungkinkah Bank Digi akan menjadi sebuah jenis bank baru selain Bank Umum dan Bank Perkreditas Rakyat?

Apa Itu Bank DIGI?

Melalui pemberitaan di beragam media, Otoritas Jasa Keuangan menegaskan defenisi dari Bank Digi yang menekankan pada pelaksanaan fungsi perbankan dengan menggunakan teknologi digital, aktifitas perbankan berbasis aplikasi, atau tepatnya dengan menggunakan internet.

OJK mempertegas pengertian Bank Digital adalah bank yang telah melakukan digitalisasi produk dan layanan (incumbent), ataupun melalui pendirian bank baru yang langsung berstatus bank digital menyeluruh atau full digital banking. 

OJK | sumber : keuangan.kontan.co.id
OJK | sumber : keuangan.kontan.co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan