Mohon tunggu...
Dr. Yupiter Gulo
Dr. Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Strategi Re-branding, Go-Jek Menuju Perusahaan Kelas Dunia

24 Juli 2019   23:28 Diperbarui: 25 Juli 2019   19:24 9610
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Go-Jek Rebranding | source: Gojek Indonesia

Solv, Pasti Ada Jalan

Go-Jek melakukan re-branding dengan mengganti logo perusahaan yang diberi nama "SOLV", dengan slogan baru "Pasti ada Jalan". Dan dengan demikian logo lama dengan gambar orang yang sedang bersepeda motor yang ada sinyal digital ditinggalkan dan tidak digunakan lagi.

Patut diacungkan jempol buat Manajemen dan Pimpinan PT Gojek Indonesia atas keputusan yang diambil untuk merespon dinamika perusahaan yang luar biasa ini, sekaligus menjawab kebutuhan pasar, tidak saja untuk saat ini, tetapi juga untuk kepentingan perusahaan dalam jangka panjang. Tidak saja di lingkup pasar Nasional atau Asia Tenggara, tetapi juga global market.

Pilihan strategi dari Go-jek untuk melakukan re-branding menjelaskan bagaimana Go-jek memahami seluruh eksistensi dan dinamika dengan trend perubahan yang dihadapi untuk jangka panjang.

Dan kesimpulannya adalah bahwa brand perusahaan harus diubah karena tidak sesuai dengan keberadaan perusahaan itu sendiri.

Hal ini dijelaskan oleh founder sekaligus Pimpinan Gojek, Nadiem Makarim dengan mengatakan bahwa logo lama tidak lagi menampung seluruh layanan yang diberikan serta dinamika ekspansi perusahaan yang terus melebar kemana-mana.

Seperti di beritakan oleh kompas.com :

Kenapa harus ada re-branding? Alasannya karena Go-Jek sudah terlalu berubah dari awal usulnya. Kita saat ini mewadahi berbagai macam service provider, tak hanya layanan Go-Ride. Ada banyak stakeholder yang harus kami wadahi, dan karena itu kami membutuhkan simbol baru. Simbol yang tidak mengkhianati asal usul, tapi tidak juga mengkhianati sesuatu evolusi baru dimana kita menjadi ekosistem, Nadiem Makarim menjelaskan

Perubahan brand atau merk menjadi tuntutan dinamika perusahaan yang terus berkembang dengan pesat. Kalau tidak disesuaikan dengan segera bisa saja menjadi salah satu hambatan kemajuan, dan bahkan bisa menjadi pintu lain bagi competitor untuk mencuri pasar yang ada.

Dalam buku teksnya, Guru Besar Manajemen Pemasaran Kotler dan Keller, Marketing Management (2018), mencatat ada 6 elemen kunci dalam sebuah brand perusahaan yang baik dan benar, yaitu:

  1. Memorable
  2. Meaningful
  3. Likable
  4. Transferable
  5. Adaptable
  6. Protectable

Dengan keenam elemen ini menjadi panduan bagi pengelola perusahaan apakah ada yang harus diubah dari brand yang sudah ada. Dan nampaknya Go-Jek menyadari hal-hal itu sehingga harus disesuaikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun