Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Dosen

Hakekat manusia adalah memiliki rasa ingin tahu. Semakin tinggi rasa ingin tahu manusia semakin berkualitaslah hidupnya. Karena melalui rasa ingin tahu, maka banyak misteri hidup bisa dibuka.

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Mengenali Orang-orang "Beracun" di Tempat Kerja Anda

11 Oktober 2018   10:58 Diperbarui: 12 Oktober 2018   03:14 2808 7 4
Mengenali Orang-orang "Beracun" di Tempat Kerja Anda
Sumber ilustrasi: inspireshareact.com

Mengenali Orang-orang Beracun di Tempat Kerja Anda

Sebagai makhluk sosial setiap orang tidak bisa menghindarkan diri dari interaksi dengan orang lain. Bukan saja karena lingkungan yang dihadapi harus berhubungan dengan setiap orang, tetapi juga karena kebutuhan yang harus dipenuhi sebagai makhluk sosial.

Tidak mungkin seseorang akan hidup sendirian di dalam dunia ini. Harus membutuhkan orang lain. Misalnya dalam Teori Motivasi yang dikemukakan oleh Abraham Maslow, social-need atau kebutuhan sosial berada pada jenjang ketiga yang semua orang harus memenuhinya. Bila tidak di penuhi maka hidup menjadi tidaklah lengkap atau utuh.

Sebagai makhluk sosial yang terus menerus bersosialisasi dengan banyak orang, di banyak tempat dan di berbagai kegiatan, di rumah dan di tempat kerja, di perjalanan atau lingkungan tempat tinggal, menyebabkan setiap orang dituntut kemampuan mengelola semua interaksi sosial yang dimiliki. Dan tidak bisa dipungkiri juga bahwa keberhasilan seseorang akan ikut ditentukan oleh kemampuannya mamanage hubungan sosialnya.

Ada kata-kata bijak yang berbunyi bahwa "Anda adalah produk dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama Anda". Pameo lain sering diungkapkan adalah "apabila Anda bergaul dengan orang besar Anda akan menjadi orang besar".

Saya pikir kata-kata bijak dan pameo di atas benar adanya, ketika mengerti bahwa interaksi dengan setiap orang akan ikut mempengaruhi, bahkan membentuk value-system, persepsi dan bahkan perilaku kita sebagai konsekuensi interaksi sosial yang berlangsung dalam jangka waktu tetap dan lama.

Ada banyak orang baik yang berada disekitar tempat kerja atau lingkungan Anda, dan dipastikan kualitas kehidupan Anda juga akan menjadi lebih baik dan bertumbuh dengan cepat. Namun, ada juga sejumlah orang-orang yang tidak baik, bahkan menjadi penyebar racun yang bisa merusak kehidupan Anda.

Orang-orang yang beracun harus harus dihindari karena mereka memiliki daya rusak yang luar biasa. Menjadi menarik sebab tidak begitu mudah dan cepat mengenali tipe-tipe orang beracun ini. Seringkali terlambat mengetahui bahwa mereka tergolong beracun.

Masalahnya adalah, kecenderungan yang sangat kuat bahwa Anda tidak bisa berharap menjauhkan diri dari orang-orang beracun sampai Anda tahu siapa mereka. Kemudian dibutuhkan skill dan trik tertentu, dengan cara memisahkan mereka untuk tidak intens berinteraksi dengan yang lain.

Sebagai identifikasi awal, untuk mengenal orang-orang yang potensial sebagai orang penyebar racun ditempat kerja, dan harus dihindari.

Penyebar Gosip dan Hoaks

Gosip sering diidentikan dengan kepanjangan kata-kata dari "semakin digosok semakin sip". Menjelaskan kebiasaan banyak orang untuk mengarang kisah dan cerita bohong dan menyebarkannya kepada public, mulai dari satu orang, kemudian berkembang menjadi banyak bahkan bisa viral. Di zaman kecanggihan multi media dengan "media-sosial" saat ini, maka kebiasaan gossip dan hoaks ini juga sangat berkembang.

Awas dan hindari orang-orang yang kesukaannya menyebarkan gossip dan hoaks, karena daya rusaknya sangat dahsyat. Tidak saja waktu dan energy yang berharga akan sia-sia belaka, tetapi juga mentalitas, psikhis Anda akan dihancurkan dengan efektif.

Banyak hasil survey memperlihatkan bahwa sekitar 70% informasi yang beredar di media sosial saat ini termasuk gossip dan hoaks, atau termasuk sampah yang tidak ada gunanya. Anda harus memiliki ketrampilan dan strategi terkontaminasi atau terpapar dengan orang-orang yang sukanya gossip ini. Penyebar gossip dan hoaks adalah termasuk orang-orang beracun.

Lawan dari orang penyebab gossip adalah mereka termasuk pemikir hebat mendiskusikan ide atau gagasan inovatif, mendiskusikan peristiwa actual sedang dihadapi oleh perusahaan atau public dan mendiskusikan orang lain.

Fahami dengan cermat bahwa "gosipers" atau "hoakers" memperoleh kesenangan dari kesialan orang lain, bahkan mungkin menyenangkan untuk mengintip kecerdikan pribadi atau profesional orang lain. Hmm, ingat bahwa pada awalnya biasa-biasa saja, tetapi seiring waktu, itu akan sangat melelahkan, membuat Anda merasa kotor, dan menyakiti orang lain.

Padahal, layangkan pandangan Anda keluar sana dan menemukan bahwa ada begitu banyak hal positif di luar sana dan terlalu banyak orang-orang yang menarik untuk belajar hal-hal yang hebat dan luar biasa ketimbang membuang-buang waktu Anda berbicara tentang kemalangan orang lain.

Orang yang Temperamental

Berbicara orang temperamen berarti memahami orang-orang yang memiliki ketidakmampuan mengelola atau mengendalikan emosi mereka, sehingga cenderung menjadi meledak-ledak, bikin gaduh, cenderung menjadi pemarah dan suasana yang terbangun pasti jauh dari keteduhan, kedamaian dan sukacita.

Ya, dalam prakteknya, sejumlah orang sama sekali tidak memiliki kendali atas emosiny, bahkan cenderung mereka akan menyerang Anda dan memproyeksikan perasaan kepada orang lain, sambil berpikir bahwa Anda adalah orang yang menyebabkan ketidaknyamanan mereka. Tipe temperamen atau emosional ini akan berusaha menjadi orang lain sebagai tempat sampah, bahkan "toilet" dari pikiran dan emosi yang tidak terkendali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3