Mohon tunggu...
Dr. Yupiter Gulo
Dr. Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mahasiswa Kompasianer, Berlatih Bernalar dengan Menulis dan Bebas Plagiarisme

22 Mei 2018   20:59 Diperbarui: 22 Mei 2018   21:08 1069
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bila Anda seorang dosen, kira-kira apa yang menjadi pergumulan Anda setiap mengajar mahasiswa di kelas ?.  Saya sangat yakin, segudang masalah bisa muncul dari hal-hal sepele, disiplin, kemalasan, tidak membaca buku, copy paste tugas, dan sebagainya. Ya, dunia mahasiswa dunia yang penuh masalah dari sisi proses pembelanjaran.

Bagi saya yang sangat serius adalah kelemahan mahasiswa untuk mengemukakan pikirannya baik secara lisan dan terlebih secara tertulis. Secara lisan mungkin masih bisa dipaksa untuk ngomong dengaan berbagai cara. Tetapi, kalau dengan tertulis, masalahnya tidak semudah mengatakannya. Sangat melelahkan dan bahkan sering menjengkelkan sekali.

Sebagai seorang dosen memiliki tanggungjawab yang tidak mudah agar mahasiswa mengalami perubahan yang signfikan dalam cara berpikir dan bersikap serta berperilaku. Dan berusaha menjawab tantangan agar mahasiswa amemiliki kompetensi yang dibutuhkan. Seorang mahasiswa harus memiliki skill dan kompetensi untuk mampu mengemukakan pikiran dan gagasannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan kaidah ilmiah yang benar. 

Artinya, ketika seorang mahasiswa dinyatakan lulus dan menyandang gelar sarjana, maka seluruh kompetensi dan skill yang disayaratkan harus dipenuhi baginya. Setiap dosen harus melatih mahasiswa agar mampu mengemukakan pikirannya secara sistematis, tuntas dan bisa difahami oleh orang lain. Untuk itulah, mahasiswa harus banyak belajar menuliskan apa yang ada dipikirannya, dan bisa difahami oleh orang lain.

Hari ini agak istimewa buat saya, paling tidak untuk mahasiswa saya dalam kelas mata kuliah Metodologi Penelitian sebanyak 35 orang, mereka semua belajar sesuatu hal yang baru dan berharap merubah sikap mereka sebagai calon-calon akademisi di masa depan di Negeri ini.

(Dokpri)
(Dokpri)
Saya mengajarkan kepada mereka untuk memiliki Blog Sendiri yang bebas dikelola untuk mengaktualisasikan pikiran-pikiran "liar" mereka sebagai mahasiswa dan akademisi muda. Saya mengajarkan mereka untuk memiliki Akun Blog  Kompasiana.com, dan semua sukses memiliki akun pribadi. 

Untuk mulai berlatih, saya minta mereka untuk membaca artikel yang sengaja saya rancang untuk tugas ini. Artikel ini yang ada dalam blog saya di kompasiana dengan judul Persaingan Bisnis Sesungguhnya Mengelola Loyalitas Karyawan.

Mula-mula mereka kaku dan kurang percaya diri, namun setelah saya arahkan maka semuanya berani memberikan komentar. Anda bisa melihat komentar kiritis dan analitis mereka tentang isi artikel tersebut. 

Seorang mahasiswaa menanyakan kepada saya, mengapa saya memilih kompasiana.com dan bukan blog lainnya ?. Pertanyaan yang sederhana tetapi menadasar. Lalu, saya menjelaskan bahwa dari sisi akademik blog ini sangat baik dan represesntative, tidak karena gratis tetapi ketentuannya sangat jelas dan "ketat" sehingga filter yang dibangun sangat baik. Misalnya, yang tidak tidak memiliki akun kompasina tak boleh memberi komentar.

Dan yang paling penting adalah tulisan-tulisan Anda bebas plagiarisme, sesuatu yang sangat dijunjung tinggi dalam dunia akademik. Saat tulisan Anda masuk di Kompasiana.com maka tulisan itu sesunggyhnya "original".

Dengan memiliki blog di kompasiana.com mahasiswa akan menjadi seorang yang mandiri dalam berpikir, bebas menuangkan gagasan originalnya dan bebas mendapat tanggapan dari kompasianer lainnya. Saya pikir inilah yang sangat mahal harga dengan memiliki blog ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun