Mohon tunggu...
Yunita nury
Yunita nury Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Matematika

Seorang Individu yang terus berusaha menjadi lebih baik dan bermanfaat setiap harinya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pesantren sebagai Sub Culture Islam Nusantara

15 Mei 2020   23:15 Diperbarui: 16 Mei 2020   00:05 6 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warohmatulahhi wabarokatuh

Hai para pembaca dan pencari ilmu,

Setelah kemaren kita membahas tentang "Peran Islam Nusantara Dalam Membina Moral Bangsa" maka minggu ini kita akan bahas tentang hal yang lebih menarik lagi tentang "Pesantren Sebagai Sub Culture Islam Nusantara"

Semoga artikel ini menjadi bermanfaart, selamat membaca...

Ada 4 sub point yang akan dibahas :

Pengertian pesantren

Sebuah lembaga pendidikan yang umumnya mengajarkan klasikal, dimana sang kyai mengajarkan kitab-kitab bahasa arab dan para santri bertempat tinggal di suatu tempat yang sama.

Asal usul pesantren

Pesantren diawali dengan adanya kyai atau ustadyang bertempat tinggal di suatu tempat dan mulai mengajarkan agama pada masyarakat sekitar, kemudia para santri yang ingin belajar agama kepadanya. Seiring berkembangnya waktu, santri semakin banyak sehingga berinisiatif untuk mendirikan asrama atau tempat tinggal para santri yang tidak jauh dari rumahnya. Pesantren yang ada Indonesia merupakan akulturasi budaya yang memilki peranan yang sangat besar bagi kemajuan agama islam  dan bidang pendidikan maupun bagi bangsa indonesia

Sejarah pesantren

a. Periode pertama atau awal. Fase dimana saat Islam pertama kali masuk Indonesia. Banyak beberapa pendapat tokoh sejarawan tentang bagaimana awal sejarahnya adanya pesantren. Ada yang berpendapat bahwa Wali Songo lah yang pertama kali mengenalkan dan mengaplikasikan metode pembelajaran satu in, namun banyak pula pendapat yang berbeda lainnya. Dari sini disimpulkan bahwa yang membawa dan mengenalan pesantren telah menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan, agama, kebangsaan , dan aspek lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN