Mohon tunggu...
Yuni Rahmawati
Yuni Rahmawati Mohon Tunggu... -

Ekonomi Pembangunan'17 "La Tahla" QS. AL-Baqarah [2]: 286

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kesan Pertama Jadi Mahasiswa

14 Maret 2018   09:33 Diperbarui: 14 Maret 2018   09:58 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pertama masuk kuliah hingga sekarang,

Dari awal diterima jadi mahasiswa baru di Universitas Tanjungpura, fakultas Ekonomi dan Bisnis jurusan Ilmu ekonomi studi pembangunan. Sudah pasti senang, bangga juga karena gak semua yang daftar bisa diterima. Disini saya dapat ilmu yang mungkin memang belum saya dapatkan semasa saya SMA dulu dan disini juga saya  mendapatkan teman dengan karakter yang berbeda-beda. Pertama kali masuk kuliah sangat canggung, karna belum terlalu akrab sama teman-teman yang lain. Tetapi akhirnya kita saling mengenal satu sama lain hingga saat ini. Sekarang kami menjadi sebuah keluarga kecil baru yang terdiri dari banyak anak-anak daerah.

Minggu pertama masuk kelas adalah perkenalan dosen dan mata kuliah, ternyata kuliah itu berbeda loh dengan waktu SMA. Setiap dosen itu memberikan kontrak belajarnya dan ingat setiap dosen itu berbeda-beda karakternya. Jadi kita harus pandai-pandai memahami karakter dosen. Minggu pertama kuliah saja saya sudah dikasih tugas buat makalah untuk persentasi buat minggu depannya, ya kita bukan anak sma lagi yang dulunya hanya guru terus menjelaskan tetapi sekarang kita sudah jadi mahasiswa harus berani menyampaikan pendapat, kita juga harus aktif dikelas, dan jangan malu bertanya saat diskusi. 

Seiring berjalannya waktu ternyata menjadi mahasiswa baru membuat saya super sibuk, berangkat pagi pulang sore karna dikampus itu banyak sekali kegiatannya apalagi kita masih maba, jadi diwajibkan mengikuti kegiatan kampus misal seperti seminar tentang karya tulis ilmiah, kewirausahaan, tentang kegiatan ukm ataupun hmj. Tapi itu semua sangat bermanfaat buat kami yang masih maba yang belum terlalu mengenal dunia kampus. Waktu terus berjalan kegiatan awal kuliah diisi dengan tugas kelompok ataupun individu yang diberikan dosen belum lagi kegiatan yang diadakan sama pihak kampus. 

Yah ini tidak membuat saya patah semangat untuk kuliah hingga sekarang. Bicara tentang tugas yang diberikan sama dosen, usahakan jangan menunda-nunda mengerjakan tugas apalagi waktu deadline yang ada nanti malah makin menumpuk, ini saran saya soalnya selama semester 1 yang udah dilewatin itu yang saya rasain pernah nunda-nunda tugas akhirnya membuat saya bedagang dan pagi pas kuliah malah ngantuk. 

Begitu juga pada saat menjelang uts atau uas jangan belajar sks (sistem kebut semalam) gak baik intinya sama aja dengan saran yang dapat tugas dari dosen tersebut. Tidak terasa saya sudah memasuki semester 2, kegiatan yang sekarang saya lakuin sama seperti biasa ada tugas kelompok ataupun individu dan sekarang saya juga mulai masuk kepanitian dari hmj, pengen cari pengalaman baru aja dibidang organisasi.

Intinya kuliah itu harus dijalani dengan penuh kesabaran, gak boleh banyak ngeluh jalani aja, dan usahakan pandai-pandai membagi waktu kuliah dengan kegiatan berorganisasi, terus banyak mencari jaringan atau kenalan seperti senior (kakak tingkat) dan Prioritasin mana yang harus di dahulukan.

Note: maaf sebelumnya ini ceritanya saya post ulang ya, karena akun yang satunya gak bisa dibuka lupa nama akunnya. jadi ini memang cerita saya ya, cuman ganti akun baru aja. terimakasih :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun