Mohon tunggu...
yunik budiarsini dewi
yunik budiarsini dewi Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatnya Kejahatan di Masa Pandemi

23 Januari 2021   20:15 Diperbarui: 23 Januari 2021   20:22 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini selain masyarakat yang di hadapkan pada masalah kesehatan juga dihadapkan pada masalah ekonomi masyarakat, dimana dimasa pandemi sekarang ini ekonomi mengalami penurunan sehingga menyebabkan banyak terjadinya pengangguran akibat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena tidak mampu untuk membayar upah karyawannya, serta penurunan gaji pada karyawan. Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, menyatakan adanya peningkatan kasus kriminalitas selama pandemi COVID-19 terhitung sejak awal bulan Mei 2020. 

Kenaikan tersebut terjadi pada Minggu ke-19 dan Minggu ke-20. Kejahatan yang tercatat mengalami kenaikan di antaranya yaitu pencurian dengan pemberatan, kasus begal dan penjambretan. Yang menyebabkan terjadinya tindakan ini dimasa pandemi covid 19 yaitu adanya kondisi sosial yang tidak stabil yang dapat  mengakibatkan tekanan atau stres, yang menimbulkan berbagai tekanan maka dari hal itu terjadilah ketegangan (strain) yang bersumber dari 4 faktor, yaitu gagal mencapai tujuan yang bernilai positif dimana dengan kondisi yang mendesak mereka akan kehilangan akal dan tidak bisa untuk berfikir lebih panjang untuk melakukan sesuatu hal demi memenuhi kebutuhannya, hilangnya stimulus positif dalam diri dan hadirnya stimulus negatif, serta adanya perbedaan antara ekspektasi dan harapan. Indonesia tak hanya berperang melawan Virus Corona, namun harus juga menghadapi situasi pahitnya kenyataan dimana harus menghadapi kebodohan dan kemiskinan di waktu yang bersamaan, orang - orang mulai menghalalkan segala cara untuk dilakukan di saat yang genting, salah satunya yaitu pencurian dimana Pandemi ini marak terjadi pencurian dikarenakan hilangnya nya pencaharian sehingga tidak adanya pemasukan untuk memenuhi kebutuhannya sehari - hari, Salah satu dampak yang dapat terjadi dari hal itu adalah meningkatnya tindak kriminal di masyarakat seperti pejarahan atau pencurian.Tak jarang dalam beberapa hari terakhir ini sering terjadi kasus pencurian kendaraan bermotor, dirumah - rumah warga maupun di jalan seperti ketika mereka yang parkir disisi jalan banyak sekali motif- motif yang dilakukan pelaku untuk mencuri,  selain itu banyak juga ditemukannya pencurian di minimarket yang meresahkan masyarakat, keadaan sepi membuat para pencuri untuk berkesempatan menjalankan aksinya. Upaya yang bisa kita lakukan saat ini adalah fokus terhadap pencegahannya dengan terus waspada dan berhati-hati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun