Mohon tunggu...
Yunia IndahLestari
Yunia IndahLestari Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

live your live to the fullest

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sejarah Singkat Myanmar

22 Juni 2021   10:58 Diperbarui: 22 Juni 2021   11:40 43 1 0 Mohon Tunggu...

Republik Persatuan Myanmar (dikenal sebagai Birma dan disebut "Burma" oleh negara-negara Barat) adalah salah satu negara di Asia Tenggara. Perubahan nama dari Burma menjadi Myanmar dilakukan oleh pemerintahan junta militer secara resmi pada tanggal 18 Juni 1989. Junta militer mengubah nama Burma menjadi Myanmar supaya etnis non-Burma merasa menjadi bagian dari negara tersebut. Sebutan Burma tetap digunakan oleh beberapa negara, seperti Britania Raya dan Kanada.

Negara ini diperintah oleh pemerintahan militer sejak kudeta pada tahun 1988. Myanmar adalah negara berkembang yang memiliki populasi lebih dari 50 juta jiwa. Sebelumnya Ibu kota Myanmar terletak di Yangon lalu dipindahkan oleh pemerintahan junta militer ke Naypyidaw pada tanggal 7 November 2005.

Pada tahun 1988, terjadi gelombang demonstrasi besar yang menentang pemerintahan junta militer. Gelombang demonstrasi ini akhirnya berakhir dengan tindak kekerasan yang dilakukan tentara terhadap para demonstran. 3000 orang lebih terbunuh. Pada pemilu di tahun 1990 partai pro-demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi memenangi 82 persen suara tetapi hasil pemilu ini tidak diakui rezim militer yang berkuasa.

Letak dan Luas

Secara geografis, Myanmar terletak di Teluk Benggala. Secara astronomis, negara ini terletak pada 10 LU--26 LU dan 94 BT--101 BT dengan luas 676,575 km

Batas-batas wilayah Myanmar yaitu sebelah utara berbatasan dengan Cina, sebelah timur berbatasan dengan Thailand dan Laos, sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Benggala, sebelah barat berbatasan dengan Bangladesh.

Bentang Alam

Wilayah Myanmar terbentang dari utara ke selatan. Wilayah negara ini terbagi menjadi empat wilayah, yaitu pegunungan utara, pegunungan barat, wilayah dataran rendah, dan plato. Wilayah utara relatif sempit, lalu makin meluas di bagian tengah, dan menyempit lagi di bagian selatan.Wilayah Myanmar sebagian besar berupa gunung dan rangkaian pegunungan raksasa yang tidak dapat dilalui. Rangkaian pegunungan tersebut berbentuk tapal kuda dan terbentang di sepanjang sisi bagian barat, utara, dan timur.

Pegunungan tertinggi ada di bagian barat dengan puncaknya yang bernama Hkokado Razi. Hkokado Razi merupakan puncak gunung tertinggi di kawasan Asia Tenggara dengan ketinggian mencapai 5.881 m. Di sela-sela pegunungan terdapat dataran rendah yang dialiri oleh Sungai Chindwin dan Sungai Irawadi. Lereng-lereng pegunungan nya juga ditumbuhi hutan yang cukup lebat.

Sejarah Singkat

Negara Burma atau Myanmar baru didiami pendatang dari Cina dan Tibet menjelang abad ke-8, pada awalnya dikuasai raja-raja kecil, kemudian dipersatukan oleh Raja Anarutha Agung pada abad ke-11. Sesudah ditaklukkan oleh Kubilai Khan (abad ke-13), negara ini kembali terpecah-pecah sampai dipersatukan lagi di bawah Raja Tabinshweti (abad ke-16).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN