Bagi fans K-pop pasti tak asing dengan aplikasi Weverse, apalagi jika kamu adalah fans dari idol di bawah naungan agensi HYBE. Weverse adalah aplikasi online yang menjadi platform resmi artis-artis internasional (khusus nya artis K-pop) untuk berkomunikasi dengan para fans di seluruh dunia. Weverse dirilis oleh perusahaan beNX, yang mana beNX merupakan anak perusahaan dari agensi Big Hit Entertainment (sekarang menjadi HYBE). Aplikasi ini bersifat global, sehingga artis manapun dapat bergabung, walau awal nya Weverse hanya diisi oleh artis di bawah naungan agensi Big Hit Entertainment yaitu BTS dan TXT.
Aplikasi ini berspesialisasi dalam memposting konten multimedia, seperti reality show artis, konser, live video, foto-foto artis dan lain sebagai nya. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai media komunikasi antara artis dan fans yang bisa dilakukan melalui kolom komentar, live video, maupun artist momen yang bisa dikatakan seperti Instagram story, beda nya artist moment tak akan hilang setelah 24 jam, hanya saja bila telah lewat 24 jam komen dan cheers (seperti like) sudah tak dapat dilakukan.
Aplikasi ini juga menyediakan subtitle dalam komenan, postingan, live video (ini tersedia setelah beberapa waktu live dilakukan) ataupun konten-konten artis yang disediakan untuk fans. Bahkan pengumuman-pengumuman yang diberikan oleh weverse akan tersedia dalam 4 bahasa, yakni Bahasa korea, Bahasa inggris, Bahasa jepang dan Bahasa cina.
Itulah fitur-fitur yang tersedia sebelum nya. Namun beberapa waktu lalu, Weverse mengumumkan ada nya fitur baru berupa DM. Setelah hal ini diumumkan, banyak fans yang mengeluhkan tentang hal ini.
"Apa? Sungguh kejam sekali agensi masih memerintahkan para artis nya untuk menanggapi pesan"
"Lebih baik mereka membuat fitur live yang baru agar para artis dapat melakukan live Bersama-sama daripada fitur dm ini"
"Apakah mereka tidak memikirkan akan betapa banyak nya pesan yang masuk? Dan hal itu pasti akan sangat melelahkan bagi sang artis untuk menjadi sebuah kewajiban merespon nya"
"Agensi sungguh sudah gila dengan memberikan tanggung jawab tambahan bagi artis nya untuk merespon pesan-pesan itu. Bagaimana jika ada banyak pesan jahat?"
"Aku tidak peduli dan tidak akan menggunakan nya"
Dan masih ada banyak macam komentar lainnya. Selain fitur DM, Weverse juga mengubah alat pembayaran mereka dengan sebutan 'Jelly'.
Selain 2 hal yang telah disebutkan, HYBE juga menambahkan fitur subtitle live berbayar dan adanya iklan di dalam Weverse. Seperti yang terlihat di bagian Membership+ (pengguna yang membayar untuk mendapatkan keuntungan membership), ada keterangan 'Subtitle on Weverse Live' dan juga 'AD-Free'. Hal ini semakin menimbulkan banyak nya kritik dari fans bahkan netizen.
"HYBE sangat tergila-gila dengan uang"
"Mereka benar-benar memperlakukan penggemar seperti ATM"
"Apakah mereka melakukan ini karena BTS yang sedang tidak aktif, sehingga mereka melakukan ini untuk mendapatkan uang?"
"Hanya untuk sebuah subtitle ini sungguh keterlaluan"
"Bahkan selama ini fans translator menerjemahkan untuk penggemar lain nya secara gratis"
"Penggemar luar negri pasti merasa kecewa dan terkhianati"
"Bahkan iklan?? Apakah ini Youtube?"
"Begitu aku masuk ke Weverse Live, dan menunggu iklan selesai, maka ketika iklan telah hilang, Live pun berakhir"
"Aku benci HYBE, aku hanya mau Bighit kembali"
Dan masih banyak komentar dari penggemar ataupun netizen yang lain nya. Setelah ada nya kritikan dan hujatan yang ada, hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak Weverse ataupun HYBE. Penggemar berharap, mereka dapat membatalkan ada nya fitur-fitur tersebut.
Para penggemar beranggapan, HYBE saat ini sungguh telah berubah. Mereka terus memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkan uang lebih banyak. Berbeda ketika dulu HYBE masih berupa Bighit Entertainment. Pada saat itu, mereka benar-benar hanya berusaha memberikan karya music yang terbaik. Benar- benar sesuai dengan prinsip mereka 'We believe in Music' dan 'Music for Healing'. Tapi bahkan para penggemar saat ini dapat mengatakan bahwa prinsip mereka telah berubah menjadi 'We Believe in Money'.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI