Mohon tunggu...
Yulia Setia
Yulia Setia Mohon Tunggu... Dosen - Dosen PGPAUD - FKIP Petra Christian University

Early Childhood Christian Educator

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Bercerita kepada Anak Usia Dini

25 Maret 2023   15:54 Diperbarui: 25 Maret 2023   16:19 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa bercerita kepada murid KB Nirmala- Dokumentasi Pribadi

Membacakan cerita atau mendongeng kepada anak adalah sebuah salah satu praktik penting untuk mengembangkan kemampuan literasi dan karakter anak. Kegiatan ini sedini mungkin dapat dilakukan oleh orang tua dan juga pendidik Anak Usia Dini

Di dalam mendengarkan cerita, setidaknya anak-anak akan belajar untuk menangkap bahasa dan juga emosi melalui cara yang menarik. Namun, sayangnya masih banyak orang tua atau pendidik Anak Usia Dini (AUD) yang tidak melihat hal ini sebagai sesuatu yang penting. Mereka belum melihat keuntungan yang didapat dari kegiatan bercerita kepada anak.

Melihat akan kebutuhan untuk meningkatkan kesadaran orang tua dan pendidik AUD, maka Mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dari Petra Christian University (PCU) melakukan kegiatan Service Learning dan pembinaan kepada orang tua wali murid di KB Nirmala, Sidoarjo. 

Kegiatan service learning dari mata kuliah Mendongeng bagi AUD ini dilakukan sejumlah 4 kali pertemuan pada bulan Oktober dan November. Ada 11 mahasiswa yang bergantian bercerita kepada para murid di sana. 

Para mahasiswa bercerita dari materi cerita yang mereka buat sendiri yang bertemakan karakter sesuai Buah Roh yang ada di Kitab Galatia 5: 22-23. Para murid menunjukkan ketertarikan di dalam mendengarkan cerita-cerita yang ada.

Mahasiswa bersama guru dan murid KB Nirmala- Dokumentasi Pribadi
Mahasiswa bersama guru dan murid KB Nirmala- Dokumentasi Pribadi

Untuk pembinaan bagi para orang tua wali, dosen melakukan pertemuan "Parenting Class" dalam dua kali pertemuan. Yang pertama di lakukan pada tanggal 28 November 2022 dengan tema "Pentingnya Bercerita pada Anak" dan 30 Januari 2023 dengan tema "Pengaruh Gadget pada Perkembangan Anak". 

Orang tua wali mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Beberapa peserta hadir mengajukan pertanyaan dan juga berbagi pengalaman di dalam pertemuan tersebut.

Parenting Class- Dokumentasi Pribadi
Parenting Class- Dokumentasi Pribadi

Di dalam materi pertama mengenai Pentingnya Bercerita kepada Anak, dosen pemateri menjabarkan akan kondisi lingkungan kita yang semakin hari semakin berkembang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun