Mohon tunggu...
Yulianisa Aulia
Yulianisa Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Husnudzon dengan apa yang terjadi

Perbaiki diri dulu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Dampak Negatif Pembelajaran Daring Bagi anak Pesantren

28 Oktober 2021   21:22 Diperbarui: 28 Oktober 2021   21:47 54 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

(Mustakim2020:8) mengatakan bahwa rata-rata kendala yang dihadapi oleh pelajar maupun mahsiswa saat pembeajaran online yaitu jaringan yang kurang memadai, pemberian tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen, sulit fokus pada pembeajaran, kuota internet yang terbatas, serta aplikasi yang sulit dipahami. Sehingga para peajar lebih menyukai pembelajaran secara tatap muka.

Dan dari kendala-kendala tadi  menjadikan beberapa dampak negatif bagi para peajar terlebih bagi yang bearada di pondok pesantren. 

Adapun dampak negatif tersebut yaitu:

1. Penurunan capaian belajar

Untuk dampak negatif ini bukan hanya pelajar yang ada di pondok saja yang mengalami, akan tetapi rata-rata para pelajar saat melakukan pembelajaran daring capaian  belajarnya menurun, karena penjelasan dari guru itu kurang maksimal apalagi jika hanya melakukan pembelajaran dengan sarana Wa (whatsapp) saja, yang mana guru hanya mengirimkan materi dalam bentuk soft file tanpa ada penjelasan langsung dari guru. 

Dan hal inilah yang membuat pencapaian belajar peserta didik menurun. Beda lagi jika guru menggunakan sarana lain yang bisa dengan langsung guru tatap muka dengan peserta didik seperti Zoom atau Google meet. Karena melalui aplikasi tersebut guru bisa secara langsung menjelaskan materi kepada peserta didik.

 Akan tetapi minimya kuota yang dimiliki oleh peserta didik apalagi santri yang uang sakunya biasanya pas-pasan akan susah mengikuti pembelajaran yang menggunakan aplikasi dengan mengeluarkan kuota lebih banyak.

2. Kurang sosialisasi dengan santri yang lain
Pembelajaran daring yang menggunakan hp membuat interaksi antar santri itu berkurang, karena mereka lebih fokus pada hp mereka dari pada orang-orang disekitarnya dan sudah kita ketahui bahwa hp itu membuat orang yang menggunakan menjadi kecanduan sehingga lupa dengan keadaan orang sekitarnya. 

Seperti halnya saat sedang berkumpul dengan santri yang lain pasti mereka hanya saling diam sambil main hp tanpa ada percakapan diantara mereka. Hal inilah yang sangat disayangkan karena hp membuat kurangnya komunikasi antar sesama santri.

3. Menganggu kefokusan saat mengaji
Dengan adanya pembelajaran daring pastinya guru lebih sering memberi tugas pada peserta didik sebagai cara untuk mengetahui sampai mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan oleh guru. Karena banyaknya tugas sekolah para santri kerap kali tidak focus atau bahkan mengantuk saat ada jam mengaji.

Kurangnya pengalaman di sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan