Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan lima antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren Bergabung di Kompasiana 20, Oktober 2020

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Rol Cake Singkong Talas

31 Agustus 2022   19:53 Diperbarui: 6 September 2022   08:15 289 29 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sajian Rol Cake Singkong Talas. Kolase foto yuliyanti

Kemarin siang, saya membuat cemilan berbahan singkong dan enthik(talas) isian kacang balur kelapa. Olahan ini bukan pertama kalinya. Melainkan kedua.

Olahan pertama Rol Cake isian Kacang . Kolase foto yuliyanti
Olahan pertama Rol Cake isian Kacang . Kolase foto yuliyanti

Pada tanggal 17 Agustus, saya membuatnya,tapi merasa gagal. Selain dadarannya tebal, warna tidak sesuai. Saya ingin nuansa merah putih.

Kemudian bertekad membuat lagi. Ide terinspirasi dari sebuah buku resep Moneta Kitchen, bersumber dari Acek Rudy, teman sesama Kompasianer.

Dalam resep tertulis beberapa bahan, namun sebagian sulit untuk mendapatkannya. Demi menciptakan kudapan mirip dia (cake serupa) maksudnya he he. Saya mengkreasikan bahan singkong dan enthik yang lebih dikenal (talas).

Singkong mentega berwarna kuning, tak apa, perlu sedikit polesan. Sedangkan enthik, mempunyai warna (natural) putih. Pas banget.

Pada awalnya saya sempat ragu menambahkan enthik dalam resep. Kebiasaan di tempat saya, mengolah polo pendem tersebut hanya direbus. Bila ingin menjadikan gethuk baru dihaluskan. 

Setelah menguji sendiri, dengan menambahkan beberapa bahan hasilnya memuaskan. Hanya saja, buah stroberi tidak tersedia.

Jadilah dadar gulung merah putih,  bernuansa HUT Kemerdekaan RI Ke-77.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan