Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

TPACK, Pemanfaatan Teknologi dalam Pelaksanaan Pembelajaran

27 November 2022   22:20 Diperbarui: 28 November 2022   09:03 819
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi guru memangaatkan teknologi sebagai salah satu sarana pembantu pembelajaran di kelas. Sumber: Quipper via Kompas.com

Hari itu pembelajaran matematika kelas saya sampai pada materi fungsi kuadrat. Dalam pembelajaran fungsi kuadrat selain diajak mengenal bentuk fungsi kuadrat, siswa juga belajar menggambar grafik fungsi, juga mengetahui karakteristik grafik fungsi kuadrat.

Misal apakah grafik fungsi membuka ke atas atau ke bawah, menentukan titik potong grafik dengan sumbu x atau y, menentukan sumbu simetri dan koordinat titik puncak.

Menggambar grafik fungsi dan mengamati karakteristik grafik fungsi

Dalam menggambar grafik fungsi kuadrat di tingkat SMP ada dua langkah yang harus ditempuh siswa. :
1. Membuat tabel
2. Menggambar grafik pada koordinat cartesius

Contoh: Gambarlah grafik fungsi f(x) = 4-x^2

Langkah yang dilakukan siswa adalah sebagai berikut:

1.Membuat tabel

Sumber: tangkapan layar pribadi
Sumber: tangkapan layar pribadi
2. Menggambar grafik

Sumber : tangkapan layar pribadi
Sumber : tangkapan layar pribadi
Dari gambar tampak bahwa grafik membuka ke bawah, memotong sumbu x di (-2,0) dan (2,0) , memotong sumbu y di (0,4) dan memiliki titik puncak (0,4)

Hal yang paling mengasyikkan dari materi ini adalah saat siswa bekerja bersama dalam satu kelompok dan menduga-duga bentuk grafiknya seperti apa.

Sebenarnya hal tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan rumus, tapi untuk siswa SMP lebih ditekankan pada pengalaman menggambar,mengamati dan mencari karakteristik grafik berdasarkan gambar, baru masuk rumus.

Siswa tampak tekun dalam bekerja di kelompok masing-masing, ada yang mengisi tabel fungsi juga membuat sumbu koordinat dan meletakkan titik sesuai koordinat yang sudah diketahui. Beberapa kelompok bahkan mewarnai gambarnya dengan spidol warna-warni.

Di akhir pembelajaran supaya lebih mantap pemahamannya guru menggunakan geogebra untuk menunjukkan gambar grafik fungsi yang sudah dibuat siswa.

Dalam penggunaan geogebra kita cukup memasukkan rumus fungsi dan gambar grafik akan langsung muncul.

Di atas adalah sebuah ilustrasi pembelajaran matematika dengan TPACK.

Tentang TPACK

Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, dokumentasi pribadi
Memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, dokumentasi pribadi
TPACK singkatan dari technological pedagogical content knowledge. TPACK merupakan pengetahuan tentang integrasi antara teknologi dan pedagogik dalam pengembangan konten di dunia pendidikan.

Integrasi antara teknologi dan ilmu pengetahuan ini diharapkan mampu membawa perubahan di dunia pendidikan dimana pembelajaran bisa berjalan dengan efektif dan efisien dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Ada tiga komponen dalam TPACK yaitu:

1. Teknologi
2. Pedagogik
3. Konten pengetahuan

Ketiga komponen ini tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Jadi prinsipnya teknologi diharapkan mampu berkolaborasi dengan pedagogik untuk memperlancar proses pembelajaran dan menghasilkan konten pembelajaran yang efektif bagi siswa.

Dalam contoh di atas TPACK tampak pada saat guru menyajikan gambar grafik fungsi dengan menggunakan geogebra.

Dengan menggunakan geogebra siswa bisa merasakan bahwa proses yang lama dalam pembuatan grafik bisa dilakukan dengan begitu singkat dengan menggunakan teknologi.

Meski demikian proses tersebut tidak boleh dibalik. Siswa harus tetap diperkenalkan dulu dengan cara menggambar gafik secara manual sebelum akhirnya menggunakan geogebra, agar mereka tahu gambar grafik itu berasal dari mana.

Contoh lain penerapan TPACK adalah meminta siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan power point, atau pembagian kelompok melalui grup whatsapp.

Guru terus berusaha meningkatkan kemampuannya dalam mengolaborasikan teknologi dan pedagogik, Sumber gambar: https://smpyamad.sch.id/App/detail/KEGIAT
Guru terus berusaha meningkatkan kemampuannya dalam mengolaborasikan teknologi dan pedagogik, Sumber gambar: https://smpyamad.sch.id/App/detail/KEGIAT
Ada kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran dengan TPACK.

 Kelebihannya adalah:
1. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap sebuah konten melalui keterlibatan teknologi, dengan teknologi materi yang rumit bisa disajikan lebih sederhana.
2. Siswa akan merasa lebih tertantang dalam proses belajar.
3. Meningkatkan keterampilan guru dalam mengolaborasikan teknologi dalam pembelajaran.
4. Membantu guru dalam menyajikan materi secara lebih menarik bagi siswa.

Sedangkan kekurangan dari TPACK adalah:
1. Memerlukan tambahan infrastruktur sehingga perlu tambahan biaya.
2. Penggunaan teknologi rawan disalah gunakan
3. Akses internet yang kurang merata membuat kesenjangan kualitas pendidikan antar daerah.

Sebagaimana kita ketahui bersama kehadiran teknologi membawa berbagai dampak dalam kehidupan kita. Teknologi ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi memberikan berbagai kemudahan, di sisi lain bisa memberikan kemudharatan jika tidak pandai memanfaatkannya.

Ilustrasi memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, Sumber gambar: depositphotos.com
Ilustrasi memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, Sumber gambar: depositphotos.com

Melalui pembelajaran dengan TPACK diharapkan guru maupun siswa bisa menggunakan teknologi secara cerdas dan bijaksana sehingga proses belajar bisa lebih mudah dan menyenangkan.

Semoga bermanfaat..Salam matematika :)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun