Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Ujian Sekolah di Masa Pandemi

5 April 2021   11:49 Diperbarui: 5 April 2021   12:04 419 25 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ujian Sekolah di Masa Pandemi
Sumber gambar: Treat ID


Bagi siswa kelas 9 SMP bulan ini sudah masuk  kegiatan akhir pelajaran 2020/2021. Sebelum pandemi bulan Maret dan April adalah  saat bimbel sekolah dan try out begitu gencar dilaksanakan. Try out bisa dilaksanakan oleh sekolah maupun serempak  satu kota  di bawah koordinasi Dinas Pendidikan.

Bagaimana kegiatan akhir tahun pelajaran di era pandemi ini?  Meski tidak ada bimbel maupun try out karena kondisi yang kurang memungkinkan,  ujian sekolah tetap dilaksanakan.

Sesuai  SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 terkait pelaksanaan Ujian Nasional, Ujian Kesetaraan, serta Ujian Sekolah dalam masa darurat Covid-19 poin ke empat bahwa ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk:

1. Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).

2. Penugasan.

3. Tes secara luring atau daring; dan/atau

4. Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Berkaitan dengan hal tersebut tersebut maka mulai hari ini dilaksanakan Ujian Sekolah yang dilaksanakan serempak di seluruh SMP di kota Malang.

Pelaksanaan Ujian di era pandemi  tentunya banyak berbeda dengan era normal. Tahapan  ujian di sekolah tahun ini adalah:

1. Persiapan ujian

Persiapan sudah dilakukan sekitar tiga minggu sebelum ujian.  Mulai dari menetapkan susunan panitia,  menetapkan pembuat dan penelaah soal dan pengawas ujian juga menyusun tata tertib peserta dan pengawas ujian.  Di masa persiapan ini juga ditentukan siapa saja siswa yang harus mengikuti ujian di sekolah karena ketiadaan gadget atau kesulitan jaringan.  Dalam hal ini peran wali kelas sangat diperlukan. Karena wali kelas paling hafal siapa saja siswanya yang bermasalah dalam pembelajaran setiap hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x