Mohon tunggu...
Yula Ehah
Yula Ehah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Aku menyukai membaca, dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Pembelajaran Bermakna Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar

21 Januari 2024   18:25 Diperbarui: 21 Januari 2024   18:35 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Memasuki tahun ke 3 implementasi Kurikulum Merdeka yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan bapak Nadiem Makarim pada tahun 2022, tahun 2024 ini Kurikulum Merdeka akan ditetapkan sebagai kurikulum nasional. Pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk generasi yang kompeten dan berdaya saing tinggi. Di tengah kompleksitas keberagaman siswa, pendekatan pembelajaran yang berdiferensiasi menjadi kunci untuk mencapai inklusivitas dalam sistem pendidikan. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya menekankan pada keberagaman kemampuan, tetapi juga memperhatikan gaya belajar, minat, dan kebutuhan siswa.

Pendidikan di tingkat dasar memiliki peran krusial dalam membentuk dasar pengetahuan dan keterampilan siswa. Untuk memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pembelajaran yang bermakna, penting bagi sekolah dasar untuk mengadopsi pendekatan berdiferensiasi.  Beberapa sekolah menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam memberikan pendidikan yang bermakna dan inklusif bagi seluruh siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan pembelajaran berdiferensiasi menjadi kunci utama dalam membuka pintu menuju kesuksesan bagi setiap siswa. Artikel ini akan membahas peran penting pembelajaran berdiferensiasi dalam membentuk pembelajaran yang bermakna di lingkungan sekolah ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam implementasi pembelajaran yang berdiferensiasi :

Memahami keunikan dan keragaman kemampuan setiap individu

Setiap siswa di sekolah dasar membawa keunikan dan keanekaragaman mereka sendiri, baik dalam hal kemampuan akademis, minat, maupun gaya belajar. Pendekatan berdiferensiasi memberikan pengakuan yang tepat terhadap keberagaman ini, memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Dengan memahami perbedaan ini, guru dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.

Melibatkan siswa dalam pembelajara

Pembelajaran berdiferensiasi menciptakan lingkungan di mana siswa merasa diterima dan didukung. Dengan menyesuaikan metode pengajaran dan materi pembelajaran, guru dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Siswa yang merasa terlibat secara aktif dalam pembelajaran memiliki peluang lebih besar untuk memahami konsep-konsep penting dan mengaitkannya dengan pengalaman sehari-hari mereka, menciptakan pembelajaran yang bermakna.

Fleksibilitas dalam Proses Pembelajaran.

Pendekatan berdiferensiasi memungkinkan fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Guru dapat menyesuaikan tingkat kesulitan tugas, memberikan dukungan tambahan, atau memberikan tantangan lebih untuk siswa yang membutuhkannya. Hal ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan setiap siswa.

Pemberdayaan Siswa sebagai Pembelajar Mandiri

Melalui pembelajaran berdiferensiasi, siswa diajak untuk mengenali kekuatan dan kelemahan mereka sendiri. Mereka diajak untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan menjadi pembelajar mandiri. Ini tidak hanya menciptakan pembelajaran yang bermakna di kelas, tetapi juga menanamkan fondasi untuk perkembangan siswa di masa depan.

Kolaborasi antara Guru, Siswa, dan Orang Tua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun