Mohon tunggu...
Yudistira Pratama
Yudistira Pratama Mohon Tunggu... Sang Pemimpi(n)

Tak ada salahnya berbagi pengalaman dan menyumbangkan pemikiran untuk peradaban

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Artikel Utama

Harapan dan Masa Depan para Birokrat

8 Maret 2020   12:25 Diperbarui: 12 Maret 2020   00:07 303 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Harapan dan Masa Depan para Birokrat
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) (Sumber: CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Birokrasi adalah sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pegawai pemerintah karena telah berpegang pada hierarki dan jenjang jabatan. 

Berdasarkan pengertian tersebut sebelumnya kita semua sepakat bahwa setiap orang yang bekerja dalam lingkup Pemerintahan (Pusat ataupun Daerah) pada jenjang hierarki dan jenjang jabatan tertentu disebut sebagai Birokrat (Orang yang menjadi bagian dari birokrasi).

Pada buku Birokrasi dalam perspektif Politik dan Administrasi Karya Budi Setiyono terbitan tahun 2012, disebutkan bahwa Birokrasi dijuluki sebagai "The Most Important Organization In The World" atau Organisasi paling penting di dunia. 

Julukan ini disematkan karena hampir semua tugas dan fungsi dari birokrasi bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. 

Ketika seorang anak manusia dilahirkan ke dunia, orang tua si anak butuh mengurus Akte Kelahiran ke Dinas Dukcapil yang ada di daerah atau setidaknya Surat Keterangan Kelahiran dari Bidan setempat untuk mempermudah proses administrasi anaknya apabila suatu saat nanti dokumen tersebut dibutuhkan.  

Saat usia si anak semakin bertambah, pada usia dini ia butuh diimunisasi untuk meningkatkan sistem immune (kekebalan tubuh) agar si anak dapat bermain dan tetap sehat selama masa pertumbuhannya, organisasi yang menjadi Leading Sector akan hal ini adalah Dinas Kesehatan setempat. 

Ketika si anak sudah mulai menapaki jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah ada lagi organisasi yang bertanggung jawab akan kualitas pendidikan generasi muda bangsa dimana pada level terendah (Pemerintah Daerah) organisasi itu dikenal sebagai Dinas Pendidikan. 

Sang anak  pun selesai menjalani pendidikan dan bertumbuh dewasa, tentunya ia membutuhkan pekerjaan yang layak untuk menghidupi keluarganya nanti ketika sudah membina hubungan rumah tangga.

Sebagian dari mereka ada yang memilih untuk berdagang, menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia), ada yang memilih jalan untuk bertani, berkebun ataupun beternak untuk menjadi pahlawan pangan, dan ada pula yang memilih jalan untuk menjadi atlet sesuai dengan keahliannya masing - masing. 

Jarang kita sadari bahwa pilihan hidup dari anak - anak yang mulai tumbuh dewasa sebagaimana yang disebutkan sebelumnya tadi kesemuanya itu menjadi tanggung jawab dari Birokrasi (Dinas Tenaga  Kerja, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Olahraga, Dinas Perdagangan) yang bertugas untuk memberikan pelayanan dan pendampingan kepada setiap warga negara agar dapat mendapatkan penghasilan yang layak untuk keluarganya. 

Bahkan untuk pengurusan surat keterangan kematian seorang warga negara pun menjadi tanggung jawab organisasi birokrasi yang ada pada level Kelurahan/Desa/RT/RW.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN