Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Ukraina Mendesak untuk Menjadi Anggota NATO setelah 4 Wilayahnya Dianeksasi Rusia

6 Oktober 2022   05:58 Diperbarui: 6 Oktober 2022   07:28 210
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ukraina Minta ‘Jalur Cepat’ Jadi Anggota NATO. Presiden Volodymyr Zelensky (kanan) dan istrinya Olena. (FOTO: UKRAINE PRESIDENCY / AFP) via CNBC

 

 Ukraina ingin Untuk  dapat segera Menjadi  "Anggota NATO" dengan meminta aksesi dipercepat atau dipermudah.  Namun  jalan terjal bagi Ukraina untuk memenuhi impiannya itu. 

Setelah Rusia mencaplok empat wilayah di Ukraina,  Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kembali mendesak agar segera bergabung menjadi anggota NATO.

Kita lihat   ada semacam keraguan bagi NATO atas permintaan Ukraina itu. NATO  masih memegang beberapa persyaratan yang mengganjal bagi Ukraina.

Untuk dapat bergabung dengan NATO, setiap negara kandidat NATO harus memenuhi persyaratan militer, politik, ekonomi, dan hukum.

Ukraina harus menunjukkan komitmennya terhadap demokrasi, kebebasan individu, dan dukungan untuk supremasi hukum.

Dalam analisis tahun 2020, Transparency International, pengawas anti-korupsi, menempatkan Ukraina di peringkat 117 dari 180 negara, dalam peringkat Korupsi jauh di bawah semua negara anggota NATO. 

Kepala aliansi militer NATO mencatat bahwa untuk bergabung dengan NATO, Ukraina membutuhkan persetujuan dari 30 negara anggota. Bahkan jika hanya satu negara yang tidak setuju, prosesnya harus dihentikan.

Swedia dan Finlandia mengalami kesulitan dalam perjalanan mereka ke keanggotaan NATO ketika Turki keberatan dengan dua negara itu  bergabung dengan NATO dengan alasan dukungan kedua negara untuk pasukan yang dianggap Ankara sebagai teroris.

Proses bergabungnya Ukraina dengan blok tersebut  mungkin juga menghadapi hambatan dengan anggota NATO lainnya, Hungaria.

 Hongaria telah berulang kali memblokir upaya Ukraina untuk bergabung dengan NATO dan UE.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun