Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Amerika Dimulai dari California Larang Penjualan Mobil Bensin Tahun 2035

22 September 2022   09:38 Diperbarui: 22 September 2022   09:46 83 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Stasiun isian mobil listrik gratis  di Crissy Field Center  San Francisco, (Foto Oleh Liz Hafalia/The San Francisco Chronicle via Getty Images)

Indonesia mencemaskan energi dan lingkungan, seperti yang dikatakan Sri Mulyani Indrawati "perubahan iklim dapat berdampak yang lebih luas dan signifikan bagi negara-negara di dunia dibandingkan dengan pandemi  Covid-19"

Hal itu disampaikan Sri Mulyani dalam acara HSBC Summit 2022 dengan tema "Powering the Transition to Net Zero, Rabu (14/9/2022).

Bencana sudah didepan mata kalau tidak dilakukan emisi bersih dan lingkungan.

Amerika bukan bicara saja, dimulai dari California memberikan suara untuk meloloskan peraturan ketat yang akan melarang penjualan mobil bensin/solar baru pada tahun 2035.

Implikasinya sangat  besar bagi pasar mobil AS, karena California adalah pasar yang besar dan beberapa negara bagian  juga akan menerapkan aturan serupa.

Peraturan yang dikeluarkan oleh California Air Resources Board (CARB) pada tanggal 26 Agustus akan memaksa pembuat mobil untuk mempercepat produksi kendaraan yang lebih bersih mulai tahun 2026.

San Francisco juga bersiap untuk mengadopsi peraturan kendaraan tanpa emisi California. Sektor transportasi adalah sumber emisi gas rumah kaca terbesar di California. Negara bagian ini  sudah banyak menderita kebakaran hutan, kekeringan dan polusi udara.
Ini   diperburuk lagi oleh perubahan iklim.

Setidak tidaknya 15 negara bagian, termasuk New Jersey, New York, dan Pennsylvania, telah mengadopsi standar mobil California di atas aturan mobil bersih sebelumnya.

Daniel Sperling - anggota CARB mengatakan kepada CNN: "Ini adalah hal terpenting yang telah dilakukan CARB dalam 30 tahun terakhir. 

Kebijakan tersebut memang tidak akan melarang orang untuk terus mengendarai mobil bertenaga bensin atau membeli dan menjualnya di pasar bekas setelah tahun 2035. 

Tetapi aturan tersebut menghapus kendaraan semacam itu dari waktu ke waktu, mengharuskan 35% dari semua penjualan mobil baru menggunakan baterai atau hidrogen pada tahun 2026 dan 68% pada tahun 2030.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan