Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Israel Cari Gara-Gara, Tambang Minyak di Daerah Sengketa

20 September 2022   14:10 Diperbarui: 20 September 2022   14:20 109 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stasiun pompa Israel berdiri  di Laut Mediterania dan menghasilkan gas alam. Foto: Moshe Shai/FLASH90 

Perdana Menteri Israel Jair Lapid akan segera memproduksi gas kontroversial dari ladang gas di laut Mediterania. Daerah yang masih sengketa dengan Lebanon.

Pengumuman Perdana Menteri Israel Jair Lapid  bahwa produksi gas alam akan segera dimulai didaerah yang disengketakan akibatnya bisa menjadi konflik berlanjut bahkan mungkin menimbulkan kontak yang terus berulang  

Israel dan Libanon telah berselisih mengenai area sekitar 860 kilometer persegi ruang laut di Laut Mediterania. Lebanon bermaksud juga akan   memproduksi minyak dan gas di sana.

AS sedang mencoba menengahi dan jberbicara tentang konflik yang akan terjadi. Israel  mengatakan kesepakatan dengan Lebanon adalah bisa saja( mungkin) namun Israel bersikeras produksi di lapangan gas Karisch tidak ada hubungannya dengan negosiasi.

Israel telah mendirikan rig minyak di ladang gas pada bulan Juni lalu. Ia berpandangan bahwa ladang gas tersebut bukan termasuk wilayah laut yang disengketakan. 

Pemerintah Lebanon di bawah Presiden Michel Aoun memperingatkan Israel untuk tidak mengoperasikan ladang gas tersebut karena  wilayah itu miliknya. 

"Setiap tindakan atau kegiatan di wilayah sengketa merupakan provokasi dan tindakan permusuhan," kata Presiden Libanon. 

Israel dan Lebanon telah mengadakan pembicaraan selama setahun lebih untuk menyelesaikan sengketa zona ekonomi eksklusif di lepas pantai itu.  Deposit besar gas alam cukup besar diduga berada di wilayah yang disengketakan. Itu membentang lebih dari ratusan kilometer persegi.

Tempat ada pada peta yang terdaftar di PBB pada tahun 2011. Namun, Lebanon mengklaim area miliknya 1.430 kilometer persegi lebih jauh ke selatan pada tahun 2020.

Area yang diklaim mencakup bagian dari ladang gas Karish, yang telah dialokasikan Israel untuk ditambanng bekerja sama dengan  perusahaan Yunani Energean .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan