Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Sekutu Bentrok, Putin Damaikan Tajikistan dan Kirgistan

21 September 2022   04:56 Diperbarui: 21 September 2022   04:57 59 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rusia meminta Kirgizstan-Tajikistan meredakan situasi dan  provokasi serta damai kedua negara (Foto: AFP/ALEXEY NIKOLSKY)} via CNN

Setiap perang menimbulkan kerugian bagi kedua belah pihak,  juga rakyat yang tidak ikut perang kena imbasnya. Syukur pertikaian dapat dihentikan dengan jalan damai karena setiap masalah tentu ada solusinya.

Pasca bentrokan berdarah Tajikistan dan Kirgistan, Putin  telpon kedua kepala negara langsung untuk membujuk kedua negara menghentikan permusuhan.

Pada tanggal 19 September, Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara melalui telepon dengan Presiden Kirgistan Sadyr Nurgozhoevich Japarov dan Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon.

Putin meminta kedua belah pihak untuk mencegah  permusuhan dan menyelesaikan masalah " dengan cara damai, politik dan diplomatik sesegera mungkin."

Perbatasan adalah titik nyala untuk ketegangan antara kedua negara Asia Tengah.AP
Perbatasan adalah titik nyala untuk ketegangan antara kedua negara Asia Tengah.AP

Putin juga mendukung kedua negara ini. Ia berjanji akan memberikan bantuan. Tidak diketahui, apakah karena Putin kedua negara itu sepakat untuk damai karena korban kedua belah sebenarnya cukup besar.

Korban  yang sebelumnya disebut 24 orang ternyata hampir 100 orang tewas akibat  bentrokan. Ratusan terluka dan pengungsi rakyat disekitarnya sekitar 150 ribu orang. Maklum saja  senjata yang digunakan tergolong canggih.

 Perwakilan perbatasan Kirgistan untuk Oblast Batken dan perwakilan perbatasan Wilayah Sughd Tajikistan sebelumnya mengadakan percakapan telepon untuk mencari solusi.

Namun, pada pukul 07:50 Tajikistan kembali memulai baku tembak dengan granat dan mortir berpeluncur roket. Kirgistan menuduh  menembaki pasukannya lebih dahulu.

"Baku tembak  antara unit penjaga perbatasan Kirgistan dan Tajikistan terjadi di desa Tort-Kocho dan Chyr-Dobo.
.
Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) yang dipimpin Rusia -  di mana Tajikistan dan Kirgistan menjadi anggotanya  bereaksi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan