Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Sales - Engineer, Marketer and Story Teller

Movie Enthusiast KOMIK 2020 | Menulis seputar Worklife, Movie and Hobby

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Marshal, Relawan Acara Lari yang Menambah Semangat Pelari

6 Februari 2022   07:03 Diperbarui: 6 Februari 2022   07:05 7351
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Marshal | Dok. Pribadi 

Biaya untuk ikut acara lari tidak murah !.

Di sekitaran tahun 2017 saat saya sedang begitu tergila-gila dengan lari,isi kantung saya yang hanya seorang mahasiswa perantau di Jogja, terlalu tipis untuk bisa mengikuti berbagai acara lari yang juga sedang ramai digelar di masa tersebut.

Setelah beberapa kali bergaul dan berjumpa dengan rekan-rekan yang punya satu hobi dengan saya di komunitas lari "Playon Jogja", akhirnya saya menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini, jadilah saya untuk beralih dari mengikuti acara lari menjadi sukarelawan acara lari atau marshal.

Mengenal Marshal.

Sebutan untuk mereka yang menjadi sukarelawan dari acara lari ini adalah "marshal", sebenarnya ini bukan secara spesifik ditujukan untuk sukarelawan acara lari, beberapa olahraga lainnya juga memiliki sebutan "marshal".

Apa saja tugas marshal ?

Tentu saja mendukung para pelari dalam belari, bentuk dukungan ini bisa bermacam-macam, mulai berjaga di rute lari supaya  pelari tidak salah jalan atau tersesat, memberi semangat pada para pelari, menyiapkan kebutuhan hidrasi para pelari dan lainnya.

Marshal menurut saya pribadi tidak bisa dikategorikan sepenuhnya sukarelawan, karena ada "imbalan" yang sesuai dengan jerih payah yang kami lakukan, yap.. inilah yang menjadi alasan saya untuk mau menjadi marshal karena ada fee yang saya dapatkan dengan menjadi marshal.

Fee dari menjadi marshal ini memang tidak terbilang banyak, dalam satu acara hanya berkisar 100-200 ribu, tapi bagi saya uang segitu terbilang cukup dan saya tidak merasa bekerja dalaam tekanan atau bekerja berat, saat menjadi marshal, karena saya melakukannya dengan sukarela dan senang hati hehe.

Keseruan menjadi Marshall | Dok. Pribadi 
Keseruan menjadi Marshall | Dok. Pribadi 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun