Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Freelancer - Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Tak Hanya Sekolah, Pabrik di Brebes Juga Memberlakukan Zonasi

15 Juli 2020   17:44 Diperbarui: 15 Juli 2020   17:52 216 12 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pekerjaan di Pabrik | Source : freepik.com

Zonasi

Istilah ini ramai digunakan di masa PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) beberapa hari lalu, Zonasi adalah sistem yang lebih memprioritaskan jarak rumah siswa ke sekolah, dalam sistem pendaftaranya,

Sederhananya calon siswa baru hanya bisa bersekolah di sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya. Faktanya, banyak siswa yang merasakan dirugikan oleh zonasi ini, banyak calon siswa yang tidak bisa bersekolah di sekolah impian mereka, terlebih belum semua sekolah memiliki lingkungan dan fasilitas yang sama.

Lebih lanjut "kisruh" yang terjadi  PPDB tahun ini, bisa anda baca di tulisan yang berjudul "Beruntungnya Saya, Tidak Mendaftar di PPDB Tahun Ini".

Pabrik di Brebes.

Sistem Zonasi ini ternyata bukan hanya diterapkan di sekolah, beberapa pabrik yang ada di Kabupaten Brebes, juga ikut menerapkan sistem zonasi dalam melakukan proses rekrutmen karyawan baru.

Relokasi kawasan Industri dari Cina yang sedianya akan ada di Brebes, memang dialihkan ke Batang, namun bukan berarti Brebes tidak akan menjadi kawasan industri, karena sampai saat ini sudah semakin banyak pabrik yang ada di Kabupaten Brebes.

Kebanyakan pabrik yang ada di Kabupaten Brebes adalah pabrik garmen dan sepatu, dengan adanya pabrik-pabrik di kabupaten Brebes ini, para warga Brebes lebih memilih bekerja di Pabrik daripada menjadi petani.

Terlebih di tengah pandemic covid-19 seperti saat ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya di kota besar dan kembali ke kampung halamannya di Brebes, mendapati di Brebes sudah ada banyak pabrik besar, maka banyak yang memilih untuk mendaftar menjadi karyawan pabrik.

Beberapa waktu lalu, kerumunan orang memenuhi pabrik garmen PT. Daehan Global yang ada di desa Cimohong, Kec. Bulakamba. Ada informasi jika pabrik tersebut sedang membutuhkan karyawan baru, namun ternyata informasi tersebut tidak benar dan para pencari kerja tersebut harus kecewa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan