Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Awas, Berlari Mengenakan Masker Ternyata Berbahaya

16 Mei 2020   15:56 Diperbarui: 16 Mei 2020   16:18 115 14 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awas, Berlari Mengenakan Masker Ternyata Berbahaya
Ilustrasi berlari dengan masker | Source: runnersworld.com

Himbauan untuk mengenakan masker saat berada diluar rumah, telah  dikeluarkan oleh WHO (World Health Organization) pada awal april  lalu, semenjak pandemi covid-19 sudah semakin meluas, tujuan pemakaian masker ini adalah untuk mengurangi jumlah penularan covid-19.

Tapi ternyata tidak semua kegiatan aman dilakukan dengan mengenakan masker, satu kegiatan yang ternyata tidak boleh mengenakan masker adalah kegiatan berlari, ternyata dengan berlari mengenakan masker akan membuat pernafasan kita terganggu, sehingga bisa berakibat fatal.

Kejadian di Wuhan.

Kejadian ini dialami oleh seorang pria asal Wuhan, Cina. Pria berusia 26 tahun yang tidak disebutkan identitasnya ini, mengalami paru paru kolaps seusai berlari sejauh 4 kilometer, pria ini memang suka berlari, tapi karena sedang ada pandemi covid-19, dia terpaksa menghentikan hobinya tersebut.

Kini setelah covid-19 mulai mereda di Wuhan, Pria ini ingin kembali kepada kebiasaan lamanya yaitu berlari, tapi tentu dengan menggunakan protokol kesehatan yang berlaku, lantas si pria ini berlari dengan mengenakan masker.

"Dilansir dari Fox News (14/5) pria ini didiagnosa mengalami paru paru kolaps atau penumotoraxs, pnemutoraxs ini mengakibatkan kapasitas paru-parunya berkurang 90 % dan jantungnya berpindah ke sisi kanan tubuhnya"

Awalnya pria ini tidak mengalami gejala apapun, tapi setelah terus berlari menggunakan masker  selama  2 pekan, dengan jarak yang ditambah setiap harinya, suatu ketika saat sudah berlari sejauh 4 kilometer, si pria tak sanggup untuk melanjutkan larinya, dadanya terasa sakit dan nafasnya terasa sesak, dengan diantar pihak keluarganya, pria tersebut langsung dibawa ke rumah sakit.

Ilustrasi kelelahan saat berlari | Source: Freepik.com 
Ilustrasi kelelahan saat berlari | Source: Freepik.com 

Menurut pihak Wuhan Central Hospital, rumah sakit tempat pria tersebut dirawat,  saat ini kondisi si pria sudah stabil dan dalam masa penyembuhan setelah dilakukan pembedahan pada paru-parunya.

Berbahaya Bagi Tubuh.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x