Mohon tunggu...
Yudi Rahmatullah
Yudi Rahmatullah Mohon Tunggu... Freelancer - Travel Writer

Reading for writing, Traveling for sharing

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Moto-Backpacking, Anyer, dan Sunset

27 April 2020   00:02 Diperbarui: 27 April 2020   00:40 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sunset di Anyer, dok. pribadi

Serunya Moto-Backpacking

Selain backpacker-an, seperti  pengalaman saya backpacking ke Bali, saya juga sering melakukan Moto-backpacking. Moto-backpcaking ini adalah cara melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi berupa sepeda motor. Orang yang melakukan cara traveling ini akan menjelajahi setiap daerah untuk mencapai destinasi wisata tanpa harus khawatir memesan tiket trasportasi (jojomarkojo.wordpress.com).  

Dan, traveling saya yang terjauh untuk saat ini dengan menggunakan motor adalah ke Pelabuhanratu, Bogor, dan Baduy. Perjalanannya dimulai dari daerah asal saya, yaitu dari Banten.

Menurut saya, Moto-backpaking ini sangat seru, karena:

  1. Saya bisa berhenti dimanapun saya mau. Saya bisa berhenti untuk istirahat atau pun untuk melihat keindahan alam di suatu daerah yang saya lewati.
  2. Saya juga bisa lebih santai di perjalanan, tidak diekejar-kejar oleh waktu. Saya bahkan bisa berlama-lama duduk di warung makan atau warung kopi untuk mengobrol dengan warga setempat.
  3. Moto-backpaking berarti mengendarai motor sendiri melalui daerah-daerah yang saya inginkan. Saya tidak harus mengikuti jalur yang biasa transportasi umum lalui. Tapi, bisa melewati jalan alternatif yang tidak seramai jalan utama. Dan, biasanya jalur alternatif ini mempunyai pemandangan yang indah.

Pantai Bandulu, Anyer

Pantai Bandulu Anyer, dok. pribadi
Pantai Bandulu Anyer, dok. pribadi
Selain pantai-pantai di kampung halaman ibu saya, yang saya sebutkan di tulisan saya sebelumnya. Saya juga sering mengunjungi pantai-pantai di Kecamatan Anyer - Banten. Mungkin hampir semua dari pantai-pantai di Anyer ini sudah saya datangi.

Tapi, gak semua pantai wisata di Anyer ini memiliki pasir pantai, ada juga pantai yang berkarang yang tidak bisa di pakai untuk berenang. Hanya untuk duduk-duduk di saung-saung yang disediakan di pinggir pantai.  Kita bisa memanggang ikan atau hanya menikmati pemandangan sekitar pantai untuk melepas kepenatan setelah bekerja.

Berbeda dengan Pantai Bandulu yang sering saya datangi. Area pantainya cukup luas dan berpasir putih. Lokasinya tepat bersebelahan dengan Hotel Jayakarta Anyer.

Notes:

  • Sebenarnya Pantai Bandulu ini berada satu garis lurus mulai dari Pantai Marina  Marbella sampaiPantai Pasir Putih Sirih Anyer. Jadi dimanapun kamu masuknya, pantai di sepanjang garis ini karakteristik nya sama.

Serunya di pantai ini adalah watersports-nya lengkap. Ada Banana boat, kayak, donat boat, jet sky, bodyboarding, motor ATV, dan surfing. Karena pantainya berpasir putih dan landai, jadi semua olahraga air itu cocok dan aman dimainkan di sini. Saya bahkan sering belajar surfing atau selancar ombak di pantai ini. Tempat penyewaan papan selancar lengkap dan instruktur-nya selalu ada. Harga papan ataupun belajar selancar per-jamnya cukup terjangkau dan bisa tawar-menawar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun