Mohon tunggu...
Yudhistira Widad Mahasena
Yudhistira Widad Mahasena Mohon Tunggu... Desainer - Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

He/him FDKV Widyatama '18

Selanjutnya

Tutup

Music

Sejumlah Girl Group K-Pop yang Bisa Menyandang Gelar "All-Visual"

19 Januari 2022   17:30 Diperbarui: 19 Januari 2022   17:50 615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bismillahirrahmanirrahim.

Baru-baru ini, Binnie Oh My Girl (OMG) mengganti nama panggungnya menjadi nama lahirnya, yaitu Yubin. Namun, bukan itu yang akan saya bahas di postingan ini.

Kita semua jamak mengenal OMG sebagai girl group K-pop pertama yang mana semua anggotanya adalah visual. Jika Anda belum tahu, visual adalah sebutan untuk anggota grup K-pop yang paling cantik atau ganteng sesuai dengan standar kecantikan Korea yang brutal, brutal, kadang toxic. Akan tetapi, fans K-pop zaman sekarang sering menganggap semua anggota grup K-pop adalah visual, walaupun beberapa di antara mereka tidak memenuhi standar kecantikan Korea.

Dan itu yang akan saya bahas. Hari ini, saya akan membahas sejumlah girl group K-pop (yang debut setelah OMG) yang bisa menyandang gelar "all-visual". Atau, untuk Anda dan saya, itu hanya cara lain mengatakan "mereka semua cantik".

Saya tidak mempermasalahkan bentuk wajah, ukuran mata, warna kulit, rambut, dan segala macam dalam memilih girl group yang bisa menyandang gelar "all-visual" ini. After all, wanita Asia Timur memiliki kecantikan yang setara dengan wanita di negara kita, Indonesia.

Saya bisa memikirkan lima girl group K-pop yang bisa menyandang gelar "all-visual", karena jika saya membahas sepuluh, kebanyakan. Tetapi, mari kita mulai terlebih dahulu dengan OMG.

Sebagaimana kita tahu, OMG adalah girl group K-pop pertama yang menyandang gelar tersebut. Mereka terdiri atas tujuh wanita muda cantik: Hyojung, Mimi, YooA, Seunghee, Jiho, Yubin, dan Arin. Semuanya cantik dan memiliki kulit yang sehat, yang membuat saya ingin mereka menjadi global brand ambassador untuk merek sabun mandi berinisial L. Saya juga ingin mereka melebarkan sayap mereka di bidang perfilman.

Secara resmi, posisi visual di OMG dipegang oleh Jiho. Jiho memiliki wajah yang sangat cantik dengan mata yang besar, kulit putih, tinggi 165 cm, tubuh langsing, dan rambut panjang. Namun, ini pernyataan yang berlawanan dengan fakta bahwa OMG adalah "the first all-visual girl group". Mengapa mereka hanya menunjuk Jiho sebagai visual di OMG ketika mereka jelas-jelas memiliki TUJUH visual?

Fun fact, OMG adalah satu di antara beberapa girl group yang mana saya memiliki tiga bias. Anda mendengarnya - TIGA. Bias saya di OMG adalah Seunghee, Jiho, dan Arin. OK, mungkin Seunghee kurang menarik secara visual, karena walaupun memiliki kulit paling putih di grup (putih bercahaya), yang membuatnya tidak menarik menurut standar kecantikan Korea adalah matanya yang sipit. Standar kecantikan Korea untuk idol K-pop wanita lebih menyukai mata besar alias kelopak mata ganda. Tetapi saya menyukainya karena memiliki vokal yang powerful dan emosional serta selera humor yang tinggi.

Arin juga memiliki kulit yang putih seperti susu dan lembut seperti kulit bayi. Tetapi, menurut standar kecantikan Korea, yang menahannya dari menyandang posisi visual adalah matanya yang sipit, seperti Seunghee. Ini menurut saya konyol, karena bermata sipit bukan berarti tidak bisa jadi visual. Semenjak menjadi MC di KBS Music Bank bersama Soobin TXT (sebelum digantikan Wonyoung Ive dan Sunghoon Enhypen), publik Korea mulai memperhatikan visual Arin. Yang awalnya menggemaskan di awal debut, di usianya yang tahun ini menginjak 23 tahun, Arin semakin bertambah dewasa. Lemak bayi di pipinya sudah hilang, membuatnya tampak cantik seperti bidadari.

Bahkan yang membuat saya takjub di era album "Dear Oh My Girl", kulit Arin tampak semakin putih, lembut, kenyal, dan bersih. Tetapi mungkin produk perawatan kulitnya tidak mahal. Wanita kelahiran 18 Juni 1999 ini pun resmi menambah daftar perusak bias saya di K-pop, bahkan menjadi bias ketiga saya di OMG.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun