Mohon tunggu...
Yuda Maulana
Yuda Maulana Mohon Tunggu... Foto/Videografer - yudamaulana24

Assalamualaikum

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manfaat Utama Media Sosial untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

25 Januari 2022   03:31 Diperbarui: 25 Januari 2022   03:49 93 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dok.cosmicunisa_official

Media sosial memainkan peran penting dalam kehidupan perkuliahan di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Mahasiswa juga menggunakan media sosial secara luas. Meskipun secara umum diterima bahwa Mahasiswa akhirnya menghabiskan banyak waktu di media sosial, media sosial dapat memiliki banyak manfaat. Ada berbagai macam manfaat media sosial bagi mahasiswa. Ada berbagai jenis media sosial: jejaring edukasi E- Learning E-Learning Universitas Aisyiyah Yogyakarta, jejaring sosial (Facebook, Linked-In, Google+), Weibo (Twitter, Tumblr), berbagi foto (Instagram, Snapchat, Pinterest), berbagi video (YouTube, Facebook-live, Periscope, Vimeo) ). Menggabungkan mereka, media sosial menjadi sangat penting karena peningkatan dramatis dalam jumlah pengguna. Seperti yang bisa kita lihat, Facebook sendiri memiliki 2,27 miliar pengguna aktif bulanan, yaitu sekitar 40% dari populasi dunia.

Berbagai situs media sosial mengaksesnya karena kelompok usia dan kemudahan aksesnya. Menurut sebuah laporan baru-baru ini, Media sosial telah menjadi kekuatan dahsyat yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keuntungan. Berikut adalah 5 manfaat media sosial bagi mahasiswa yang dapat digunakan mahasiswa untuk memanfaatkan media sosial.

1. Belajar dan berjejaring
Manfaat pertama dari media sosial bagi mahasiswa adalah belajar dan berjejaring. Pembelajaran telah bergerak melampaui ruang kelas, dengan hampir setiap situs e-learning E-Learning Universitas Aisyiyah Yogyakarta terkemuka mempromosikan pembelajaran sosial di dalam kelas. Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta dapat mengambil kelas dari situs web e-learning dan menggunakan berbagai saluran media sosial untuk mendiskusikan studi atau pertanyaan mereka. Misalnya NPTEL, Udemy, YouTube, dll. 

Mahasiswa dapat memanfaatkan video langsung yang merupakan bagian dari banyak situs jejaring sosial. Mahasiswa dapat berbagi materi pelajaran melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram dan bahkan WhatsApp.

Dalam proses pembelajaran sosial ini, menjadi sangat penting bagi siswa untuk tetap berhubungan dengan teman sebayanya. Mahasiswa dapat berteman dengan teman-temannya dan membangun jaringan yang kuat. Mereka bertemu banyak orang baru dan mulai menjalin hubungan baru dengan mereka. Dulu sulit untuk mendapatkan informasi tentang selebriti.

Setiap orang harus melihatnya di TV dan di surat kabar. Begitu media sosial menjadi sorotan, mudah bagi semua orang untuk mengikuti selebritas dan influencer. Oleh karena itu, media sosial memainkan peran yang sangat penting dalam menghubungkan siswa dengan orang-orang yang mereka kejar.

2. Ekspresi Kreatif
Media sosial adalah platform yang bagus bagi mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta untuk mengekspresikan diri. Banyak mahasiswa menjadi takut memikirkan apa yang akan terjadi jika mereka mengekspresikan diri. Ini membantu siswa tanpa rasa takut berbagi ide-ide mereka.

Media sosial memungkinkan siswa untuk mengekspresikan diri dalam berbagai cara, seperti memposting foto, blog, artikel pribadi, video, klip audio, dan banyak lagi. Ini membantu siswa berpikir di luar kotak dan mengeksplorasi bakat mereka.

Berkomunikasi dengan orang lain sekarang jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Ini hanya mungkin dengan bantuan media sosial. Media sosial telah membantu kami menjauh dari cara lama siswa harus menunggu kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara dan menunjukkan bakat mereka. Sejak awal, media sosial telah menyediakan platform yang sangat baik bagi mahasiswa untuk menunjukkan bakat mereka.

3. Alami paparan global
Media sosial adalah platform yang sangat luas di mana mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta dapat terhubung dengan siapa saja di dunia. Ketika mahasiswa dapat berinteraksi dengan orang-orang di platform yang begitu luas, mereka mendapatkan banyak pengetahuan darinya, yang luar biasa, bukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan