Mohon tunggu...
Yuanita Pratomo
Yuanita Pratomo Mohon Tunggu... Freelancer - Mommy

Give a mom a break and she will conquer the world!

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Mengelola Keuangan, Mengelola Kehidupan: Semakin Tua (Tanggalnya), Semakin Bahagia

13 Oktober 2021   09:53 Diperbarui: 13 Oktober 2021   15:03 1411
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengelola Uang | Sumber: Thinkstockphotos via money.kompas.com

"Cara Anda mengelola uang Anda, mencerminkan bagaimana Anda mengelola hidup Anda"

Itu bukan kata-kata bijak saya. Saya membacanya dari sebuah artikel entah di mana, saya lupa. 

Saya memang suka membaca hal-hal yang berkaitan dengan tata kelola finansial terutama untuk rumah tangga. 

Eiiits, jangan salah sangka dulu, itu bukan karena saya ahli-nya atau dengan banyak membaca serta merta saya ahli dalam mengelola keuangan saya, walaupun salah satu jobdesc saya waktu bekerja dulu adalah sebagai budget analyst. 

Realitanya adalah sebaliknya. 

Saya justru banyak melakukan kesalahan-kesalahan fatal yang membuat saya sengsara karena harus berhemat luar biasa setiap tanggal tua. 

Tidak mau seperti saya khan? Jadi, mari kita belajar dari kesalahan-kesalahan dari saya.

Kesalahan pertama saya adalah terjebak euforia tanggal muda 

Begitu payday, langsung adreanalin saya naik setinggi-tingginya. Adrenalin yang memicu perpindahan semua wishlist ke keranjang belanja, dan mengeksekusinya. 

Belum lagi, biasanya tanggal muda itu dibanjiri promo gila-gilaan dari segala lini. Supermarket, restaurant, online-shop, bahkan furniture shop, semuanya berlomba-lomba menggoda kita untuk menghabiskan gaji kita saat itu juga, kalau bisa sampai tak bersisa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun