Tekno

Kenapa Harus Pakai ROG?

11 September 2017   21:20 Diperbarui: 11 September 2017   21:30 254 0 0

Kalian gamers? Anak design? Kpopers? Atau apapun itu? Baca ini. Tulisan ini untuk dibuat untuk semua kalangan.

Hai semua! Perkenalkan nama aku Yisra dan ini pertama kalinya aku nulis artikel tentang review suatu barang (bukan review juga sih, ya. Soalnya aku enggak punya barangnya xD)

Oh ya, sebelum mulai aku mau tanya kabar teman-teman yang lagi baca tulisan ini, nih.

Apa kabar teman-teman gamers yang matanya udah kaya panda karena main game terus? Apa kabar anak-anak design yang dari kemarin tugasnya belum siap sampai hari ini? Dan apa kabar para Kpopers yang galau karena enggak bisa apa apa dari tanggal 2-5 September kemarin? Semoga kalian baik-baik saja ya, karena aku di sini juga baik-baik aja hehe (enggak ada yang nanya)

Oke! Mari kita tinggalkan sejenak kegalauan & aktivitas kalian yang melelahkan hati, pikiran & jiwa dengan membaca 'review' yang aku buat.

Dari gambar di atas mungkin kalian udah tahu aku mau bahas apa. Yup, ASUS ROG. Tapi di artikel kali ini aku enggak akan terlalu banyak mencantumkan jenis-jenis hardware apa aja yang dipakai di ROG sampai detail banget karena 'mungkin' sebagian besar orang enggak terlalu ngerti apa itu semua. Jadi aku akan ambil garis besarnya aja dan akan lebih banyak ngebahas tentang kegunaan ASUS ROG di kehidupan kita sehari-hari dan kenapa kita harus pilih ROG.

Tapi kalau kalian mau tahu lebih lanjut tentang istilah-istilah hardwarenya kalian bisa searching sendiri. Dan aku saranin jangan cuma lihat dari satu web aja, tapi lihat juga di beberapa web lainnya agar kalian lebih mengerti dan wawasan kalian bertambah luas. Kalian juga bisa bertanya sama orang yang mengerti detail tentang hardware, kok.

Kalau gitu ayo kita mulai!

Pertama-tama kalau ada teman-teman yang belum tahu ROG itu apa, ROG adalah singkatan dari Republic of Gamers. Setelah bertahun-tahun adanya ASUS, barulah pada tahun 2006 ASUS mendirikan ROG --yang merupakan perangkat keras khusus untuk gaming.

Lalu gimana aja jenisnya, designnya dan lain-lain? Ayo kita bahas satu per satu.

Pertama, untuk jenisnya. ROG sendiri punya 3 jenis yaitu : GL Series, G Series, dan GX Series.

GL Series atau yang biasa disebut juga Strix Series merupakan jenis yang paling affordable atau terjangkau. Contohnya seperti GL502VM.

GL502VM juga tersedia dalam warna silver (gambar di atas). Dan kabarnya, GL502VM ini sering disebut-sebut sebagai laptop yang terjangkau untuk mahasiswa. Dengan adanya RAM 16GB DDR4 dan media penyimpanannya berbasis NVMe SSD PCIe x4 berukuran 256GB, memberikan kenyamanan bagi kalian dalam proses loading, booting, hingga multitasking aplikasi agar lebih cepat dan mulus. Juga enggak ketinggalan ditanamkannya kartu grafis Nvidia GeForce GTX1060 akan membuat kalian bisa menjalankan game berat dengan resolusi dan detail yang tinggi.

Satu lagi contoh dari GL Series adalah GL553 --seperti punya Chandra Liow.

Kalau kalian sering stalking tentang Chandra Liow, pasti kalian tahu tentang laptop yang satu ini. Selain spesfikasinya yang luar biasa, GL553 ini termasuk salah satu yang terjangkau juga, loh.

Selanjutnya ada G Series, yang salah satu contohnya ialah G752.

Bagi kalian yang suka nonton film Ironman pasti enggak asing melihat laptop jenis ini karena G752 sendiri bentuknya terinspirasi dari Ironman

Dan ada GX Series, yang bentuknya terinspirasi dari pesawat tempur, seperti ini

Nah, dari segi design ASUS ROG, GL Series (Strix) merupakan yang paling terjangkau hingga ke G752 dan GX800. Tapi kalau mau lihat yang lebihnya lagi, baru-baru ini ASUS keluarin laptop terbaru yaitu GX501 atau bisa juga disebut Zephyrus. GX501 ini merupakan laptop terbaru dari ASUS dengan desain yang lebih menarik dan inovatif dari laptop gaming lainnya.

Dari segi performance, semua laptop ASUS sudah menggunakan Core i7 generasi terbaru dan kartu grafis GTX seri 10 ke atas. Juga, hampir semua jenis lini ROG sudah menggunakan SSD --yang tentunya buat loading data penyimpanan, copy data dan lainnya jadi lebih cepat. Cocok buat kalian para K-Drama Lovers yang malas download tapi sukanya copy drama dari orang lain karena pasti copy drama jadi jauh lebih cepat xD

Seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, ASUS lagi promosi laptop terbaru mereka yaitu Zephyrus dengan inovasi laptop gaming tertipis (16,9 mm-17,9 mm & berat 2,2 kg) dengan konfigurasi high-end. Meskipun terbilang sangat tipis dibanding dengan laptop gaming lainnya, Zephyrus punya spesifikasi yang enggak kalah dengan seri ROG lainnya dengan digunakannya NVIDIA GeForce GTX 1080 graphics dengan Max-Q desain, prosesor generasi ke-7 Intel Core, RAM 24GB dan SSD 512GB.

Aku sendiri paling rekomendasikan Zephyrus ini buat kalian yang masih bingung mau beli laptop tapi enggak tahu harus beli yang kaya gimana. Soalnya selain spesifikasinya yang dewa, Zephyrus ini mudah untuk dibawa kemana mana. Kalau biasanya laptop gaming itu berat dan susah buat dibawa-bawa, enggak dengan Zephyrus ini. Kalian bakal bebas bawa ini kemana aja tanpa takut keberatan sewaktu bawa laptop ini. Pas banget buat kalian yang masih pelajar atau mahasiswa yang suka bawa laptop setiap hari.

Selain itu, ada lagi nih inovasi lainnya dari ASUS yaitu pada laptop GX800 ditanamkan dua buah GTX 1080 di dalamnya dan prosesornya menggunakan Core i7 7820HK yang bahkan bisa dioverlock (wow). Juga enggak ketinggalan, GX800 ini dilengkapi dengan watercooling untuk menjaga agar suhu tetap normal jadi performanya tidak akan terhalang panas ketika kita bermain game, editing ataupun streaming --buat para Kpopers (jangan kira nonton drama sama streaming itu enggak buat panas, loh ya. Kalau udah panas laptopnya jadi ketar-ketir sendiri kitanya)

Selanjutnya untuk keyboard. Dari dulu ASUS udah pakai backlit warna merah yang membuat tampilan laptop saat menyala jadi lebih tegas.

Oh ya, juga ada warna RGB (warna-warni) seperti ini:

(Lihat backlit warna RGB jadi ingat waktu Red Velvet debut. Rambutnya warna-warni semua kaya keyboard di atas xD)

Pendapat aku pribadi (sih ya) dengan adanya backlit ini (baik merah ataupun RGB) memungkinkan kamu bisa pakai laptop waktu lagi mati lampu tanpa perlu meraba di mana tombol enter, shift, dan kawan-kawan (buat yang enggak hapal tombol-tombol di keyboard --kaya aku). Meskipun keyboard backlight ini dirancang bukan karena untuk mati lampu, tapi ya apa salahnya kita gunain juga buat itu.

Selanjutnya pada bagian layar. Semua laptop ROG sudah memakai IPS Screen (kecuali GL553VD yang masih pakai TN Panel). Jadi kalau udah pakai IPS Screen, dipastikan kalian akan menikmati tampilan yang disuguhkan di layar secara maksimal. Bahkan di beberapa model menggunakan teknologi NVIDIA G-Sync, loh. 

Di mana dengan teknologi ini bisa mengurangi lag, meminimalkan frame rate yang tersendat, dan juga menghilangkan kerusakan pada tampilan visual. Hebatnya semua hal ini dapat berjalan tanpa mempengaruhi performa dari sistem kalian. Jadi kalian bisa melihat tampilan layar yang benar-benar detail dan mendukung resolusi layar hingga 4K dengan adanya G-Sync ini.

Untuk para gamers pasti puas dengan adanya layar yang seperti ini. Dan yang pasti enggak ketinggalan buat para Kpopers atau Kdrama Lovers, nonton comeback idol grup kalian atau nonton drama jadi lebih puas karena bisa liatin oppa-oppa ganteng kalian secara jernih (wihii)

Dan yang terakhir adalah Durability dan Warranty yang sering jadi masalah ataupun sering dipermasalahkan orang. ROG sendiri merupakan salah satu produk yang paling tahan. Setiap produknya selalu di tes di setiap pengujian sebelum di jual ke pasaran. Seperti tes penekanan pada keyboard, tes getaran, tes goncangan, dan tes jatuh. 

Jadi kalian enggak perlu takut kalo misalnya laptop ini enggak sengaja jatuh atau enggak sengaja kalian banting karena galau enggak bisa nonton konser idola kalian (tapi ya ga segitunya juga kali sampai dibanting) karena itu semua enggak akan terlalu berdampak parah pada laptopnya. Dan setiap pembelian ASUS ROG kalian akan dapat satu backpack untuk laptop kalian. Jadi kalian enggak susah bawanya karena ada backpacknya. Oh satu lagi, ASUS memberikan 2 years global warranty di setiap produk ROG-nya, ya. Jadi kalau ada apa-apa dengan laptop kalian, kalian bisa bawa ke toko resmi ASUS nya langsung.

Yeay!

Itulah tadi semua tentang ASUS ROG.

Jadi kesimpulannya kenapa harus pilih ROG? Selain spesifikasinya yang mumpuni untuk apapun, kalian akan dimanjakan dengan adanya inovasi-inovasi baru dari ROG yang enggak akan kalian temukan di laptop lainnya. Selain itu, ROG itu cocok untuk semua kalangan. Mulai dari gamers --yang pastinya bakal butuh banget laptop seperti ROG untuk pengalaman gaming yang luar biasa, untuk anak design ataupun yang suka editing/editor --dengan adanya ROG ini untuk ngerender video enggak akan memakan waktu yang lama, 

dan untuk anak Kpopers --dengan menggunakan ROG kalian enggak perlu takut sewaktu kalian lagi buka video idol kalian di sepuluh window dan sepuluh tab per windownya (buat ngejar view di Youtube) secara bersamaan enggak akan nge-lag dan untuk streaming pastinya lebih lancar. Apalagi kalau kalian yang suka multitasking. Seperti waktu lagi main game kalian juga sekalian ngedit dan nonton drama atau streaming music idol kalian, semuanya akan lancar tanpa hambatan tanpa nge-lag karena kalian pakai ROG.

Dan ya, sekian dulu dari aku untuk artikel kali ini. Semoga kalian mengerti dengan apa yang aku bahas di atas, ya. Dan terima kasih juga untuk juri giveaway ROG yang sudah membaca artikel ini sampai akhir.

Sekian dan terima kasih.