Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Dari Komunitas ke Komunitas

29 Desember 2021   00:00 Diperbarui: 29 Desember 2021   00:02 185 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Momen foto bersama saat event Dolan Kuliner, Maret 2021 (Dok. K-JOG)

Jika bicara soal momen indah apa, yang hadir di sepanjang tahun 2021, "komunitas" menjadi kata kunci. Sebenarnya, ada beberapa momen yang hadir di sini, tapi "komunitas" menjadi simpul pengikat, yang ikut menemani saya sepanjang tahun ini.

Komunitas pertama, tentu saja Kompasiana. Dari komunitas besar ini, saya bertemu dengan K-JOG dan KOTEKA, dua komunitas yang rutin menyelenggarakan event secara berkala, yang saya ikuti sejak awal tahun.

Proses perkenalan saya dengan komunitas-komunitas ini, berawal dari mengikuti beberapa event offline Kompasiana di pusat. Tepatnya saat merantau ke Jakarta pada tahun 2019.

Waktu itu, saya berkunjung ke Palmerah, lalu ikut event syukuran ulang tahun Kompasiana ke 11 di Kota Tua, dan hadir dalam acara Kompasianival 2019 di Fatmawati, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, sejak mulai ber-Kompasiana pada akhir tahun 2016 lalu, saya tidak pernah ikut event offline. Selain karena faktor biaya, waktu itu hampir tidak ada respon, setiap kali saya coba mendaftar lewat email.

Momen foto bersama saat event syukuran ulang tahun Kompasiana ke 11 di Kota Tua, 2019 (Dokpri)
Momen foto bersama saat event syukuran ulang tahun Kompasiana ke 11 di Kota Tua, 2019 (Dokpri)
Tapi, sekalinya datang ke event offline, saya justru datang langsung ke pusat. Meski tampak terbalik dari umumnya, proses ini ternyata dapat membantu saya membaur dengan komunitas di Kompasiana.

Boleh dibilang, semua jadi terlihat lebih "mudah" sejak saya berkesempatan datang langsung ke "pusat". Sekembalinya saya ke Yogyakarta, saya tak kesulitan bergabung dengan Kompasianer Jogja (K-JOG) dan Komunitas Traveler Kompasiana (KOTEKA).

Kedua komunitas ini rutin mengadakan event, dengan cara dan gaya masing-masing. K-JOG biasa mengadakan event "Dolan Kuliner" di seputaran Yogyakarta, sementara KOTEKA rutin mengadakan event diskusi online seputar wisata lintas daerah atau mancanegara, dan sempat juga mengadakan event diskusi "hybrid" di Nepa Cafe, pada tanggal 12 Desember 2021 silam.

Dari keduanya, saya tidak hanya "berkomunitas", tapi juga "belajar" teknik menulis secara praktikal. Dari event-event bersama K-JOG misalnya, saya belajar banyak tentang bagaimana menulis langsung saat event offline, dan membuat caption panjang di media sosial.

Selain itu, event-event offline K-JOG ikut membantu saya mengingat kembali rute jalan di Yogyakarta, yang ternyata sudah lebih padat dibanding sebelum saya pergi ke Jakarta. Sebuah cara adaptasi ulang yang cukup menyenangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan