Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Memaklumi Torehan Ballon d'Or Ketujuh Messi

30 November 2021   10:41 Diperbarui: 30 November 2021   11:00 223 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lionel Messi, peraih Ballon D'Or tahun 2021 (Kompas.com)

"Magnificent Seven."

Itulah tajuk yang muncul di sejumlah media, menyusui torehan Ballon D'Or ketujuh Lionel Messi, yang diumumkan di Paris, Senin (29/11). Pemain asal Argentina ini dipastikan meraih Ballon D'Or ketujuhnya, setelah mengungguli Robert Lewandowski (Bayern Munich) dan Jorginho (Chelsea).

Capaian ini mungkin terlihat mengejutkan, karena Lewandowski masih konsisten mencetak gol bersama Bayern Munich, dan sebenarnya berhak mendapatkan Ballon D'Or tahun 2020, andai virus Corona tidak menggila.

Maklum, di tahun itu Lewy berhasil meraih treble winner bersama Bayern, yang pada prosesnya menghajar Barcelona dengan skor 8-2 di perempat final.

Tapi, kegagalan membawa timnas Polandia lolos langsung ke Piala Dunia 2022 menjadi nilai minusnya. Seperti diketahui, Polandia kalah bersaing dengan Inggris yang lolos otomatis, dan harus melakoni babak play off untuk lolos ke Qatar

Di sisi lain, nilai minus yang sama juga dimiliki Jorginho, yang sebenarnya meraih trofi Liga Champions dan Piala Super Eropa bersama Chelsea plus Euro 2020 bersama Timnas Italia.

Masalahnya, performa pemain kelahiran Brasil ini belakangan menurun. Dalam beberapa kesempatan, ia gagal mengeksekusi penalti, yang selama ini jadi spesialisasinya. Ditambah lagi, kreativitasnya sebagai metronom lini tengah juga tampak buntu dalam beberapa kesempatan.

Masalah inilah, yang membuat Timnas Italia gagal lolos langsung ke Qatar, akibat kalah poin dari Swiss. Situasi menjadi rumit, karena Gli Azzurri berpotensi akan menghadapi Portugal dengan Cristiano Ronaldo nya, di babak play off.

Celakanya, penurunan performa ini juga merembet ke klub. Paling gres, Jorginho melakukan blunder yang mengakibatkan Chelsea kebobolan akhir pekan lalu. Beruntung, ia dapat mengkonversi hadiah penalti dari wasit menjadi gol, sehingga Si Biru bermain imbang 1-1 dengan Manchester United. Jika gagal, ia akan jadi bulan-bulanan media.

Ini sedikit berbeda dengan Messi, yang sukses mengantar Argentina juarai Copa America 2021 di Brasil dan lolos ke Piala Dunia 2022. Bukan hanya itu, La Pulga juga sukses mengawinkan gelar pemain terbaik dan top skor Copa America 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan