Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Administrasi - Content Writer

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Sepasang Keunikan di Danau Toba

22 September 2021   03:01 Diperbarui: 22 September 2021   03:15 229 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Danau Toba (Tribunnews.com)

"Danau di atas danau, yang terletak di atas pulau di tengah pulau."

Deskripsi di atas mungkin terdengar membingungkan, tapi begitulah gambaran posisi obyek wisata alam unik di Danau Toba, tepatnya di Pulau Samosir, sebuah pulau yang terletak di tengah pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara. Unik bukan?

Pada tulisan saya sebelumnya tentang Danau Toba, yang berjudul "Danau Toba, Sebuah Paket Lengkap", saya sempat sedikit membahas soal Danau Sidihoni, yang punya panorama alam indah, dan merupakan danau di atas Danau Toba.

Secara administratif, Danau Sidihoni terletak di Kecamatan Pangururan. Kecamatan yang terletak di sisi barat Pulau Samosir ini merupakan ibukota Kabupaten Samosir.

Danau Sidihoni biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar karena airnya yang jernih. Pada momen tertentu, air Danau Sidihoni kadang bisa berubah warna.

Danau Sidihoni (Tribunnews.com)
Danau Sidihoni (Tribunnews.com)
Oleh warga setempat, momen perubahan warna ini sering dikaitkan dengan peristiwa penting, baik di tingkat lokal maupun nasional. Keistimewaan ini membuat Danau Sidihoni dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

Sayangnya, meski punya pesona alam menarik, Danau Sidihoni relatif jarang dikunjungi turis. Penyebabnya. akses sarana transportasi dan infrastruktur di sini masih relatif terbatas, belum optimal.

Inilah satu "PR" yang masih perlu dibereskan pemerintah dan pihak terkait, jika ingin mengoptimalkan potensi wisata alam di Danau Sidihoni.

Ternyata, Pulau Samosir bukan hanya punya satu "danau di atas danau". Selain Danau Sidihoni, ada Danau Aek Natonang, yang juga terletak di Pulau Samosir, tepatnya di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo (kecamatan ini berpusat di Ambarita), sisi timur Pulau Samosir.

Secara harafiah, nama danau ini dalam bahasa Batak berarti  "air yang tenang". Danau yang terletak di daerah berketinggian sekitar 1.300 mdpl ini berpanorama indah, dan kadang menjadi tempat mandi kerbau gembala milik warga setempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan