Mohon tunggu...
Yose Revela
Yose Revela Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

YNWA. Wonosobo, 14 Juli 1992 yoserevela@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Saat Ide Menggantikan Mobilitas

10 April 2020   22:21 Diperbarui: 10 April 2020   22:23 326
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Dreamstime.com)

Dalam beberapa waktu terakhir, pandemi COVID-19 sukses menghasilkan sejumlah efek domino, akibat diberlakukannya kebijakan "social distancing" dan "work from home". Mulai dari terhentinya aktivitas perkuliahan, sekolah, sampai adanya fenomena "mudik sebelum waktunya" di sejumlah daerah.

Untuk fenomena yang disebut terakhir, kebanyakan dialami para pekerja yang merantau ke ibukota, entah pekerja harian, maupun pekerja kantoran bergaji tetap.

Maklum, aktivitas sehari-hari banyak yang berhenti, sementara pemasukan tersendat. Padahal, biaya hidup tetap tinggi seperti biasa. Tak heran, mudik menjadi satu opsi favorit.

Saya sendiri sempat diminta orang tua untuk mudik ke Yogyakarta. Tapi, setelah melalui berbagai pertimbangan, saya memutuskan untuk bertahan di Jakarta.

Selain biaya, pertimbangan lain yang turut menentukan antara lain berkaitan dengan tempat kost. Di Jakarta, mencari tempat kost sendirian bukan perkara mudah, apalagi dengan kondisi saya yang berkebutuhan khusus.

Otomatis, kamar kost tempat saya  tinggal, kini menjadi "kantor darurat", setidaknya sampai situasi dianggap sudah kembali kondusif.

Pada awalnya, ada sedikit rasa bingung, saat satu aktivitas yang biasa dilakukan, harus absen dilakukan. Dalam kasus saya, aktivitas ini adalah melintasi jalanan, tiap kali berangkat atau pulang kerja. Agak melelahkan, meski sebetulnya cukup menyenangkan.

Aktivitas ini biasa melengkapi rasa lelah saya, setiap hari kerja. Alhasil, saya hanya bisa sesekali menulis di akhir pekan, terutama jika tubuh tak sedang butuh waktu istirahat ekstra.

Tapi, seiring berjalannya waktu, kebingungan itu mulai teratasi, dengan munculnya ide-ide, yang kadang "menggoda" untuk segera dieksekusi ke dalam tulisan. Saya pun mulai mencoba mengakomodasinya, dengan cara membagi waktu antara kerja dan menulis.

Pertama, saya memberi waktu untuk urusan pekerjaan, antara pagi sampai sore hari. Setelahnya, antara sore sampai malam hari, menjadi waktu bebas saya, termasuk jika ingin menulis. Saya sendiri merasakan, menulis tak kalah menantang dengan olahraga fisik, karena butuh tenaga dan konsentrasi, disamping rasa senang, saat melakukannya.

Dalam situasi seperti sekarang, munculnya ide-ide yang dijadikan tulisan memang sukses mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh hilangnya mobilitas. Dengan kepribadian saya yang tergolong introvert, diam sendirian dalam waktu lama, seperti memberi "energi ekstra" buat menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun