Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Sekretaris Umum Pusat Pastoral Keuskupan Atambua, Dosen Tidak Tetap pada STP St. Petrus Keuskupan Atambua

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Berikut 4 Manfaat Internet dalam Dunia Pendidikan

6 Juli 2022   22:34 Diperbarui: 6 Juli 2022   22:41 85 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto penggunaan IndiHome (sumber: Indihome.co.id)

Zaman kita sekarang ini memang lain dari sebelumnya. Tiada hari tanpa Internet. Hampir semua orang menggunakannya. Setiap hari dan setiap saat terdengar keluhan, 

"Tidak ada pulsa data!" Itu berarti orang tersebut sudah tergantung pada internet, sehingga apabila sedikit waktu saja tidak mengisi data, ia pasti mengeluh. Atau bila jaringan Telkom Indonesia terganggu sedikit saja, sudah pasti mulai protes. Pendek kata, dewasa ini internet sangat penting. Tiada hari tanpa internet.

Kata orang, setiap zaman ada orangnya dan setiap orang ada zamannya! Mulai dari kalangan generasi Z, generasi milenial hingga kalangan generasi X sudah memanfaatkan fasilitas internet. 

Internet kebanyak digunakan sebagai media untuk mengerjakan dan menghubungkan berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia dengan lebih efektif, akurat, hemat dan efisien. 

Kalau dulu, kita kenal adanya kebutuhan primer, sekunder dan kebutuhan kemewahan. Namun sekarang dengan munculnya internet, kebutuhan manusia telah bertambah yaitu kebutuhan akan internet.

Ada berbagai kegunaan dari internet. Dapat disebutkan di sini, mulai dari yang paling simple hingga paling ribbet, dalam hal ini yang berhubungan dengan pendidikan, sebagai berikut:

a. Manfaat Internet bagi Ibu-Ibu dan kaum wanita

Ibu-ibu menggunakan internet untuk mencari atau mendownload resep-resep masakan sekedar untuk mengganti menu hari ini. Ada ibu-ibu rumah tangga yang selalu mau mencoba resep-resep masakan terbaru. Dari mana lagi resep itu, kalau bukan dari internet.

Selain resep masakan, ibu-ibu yang suka koleksi bunga, sudah tentu membuka internet sekedar untuk melihat dan mengetahui cara menanam dan merawat bunga misalnya bunga Aglonema dan macam-macam bunga lainnya.

Dari koleksi bunga, para kaum ibu juga biasanya suka membaca dariu internet, aneka pengetahui baru mengenai obat-obat tradisional atau herbal. Umumnya ibu-ibu suka sekali mengoleksi pengetahuan tentang obat-obatan. Tentu saja selain untuk konsumsi keluarga, juga sekedar untuk berbagi dengan yang lain, bila membutuhkan. Itulah manfaat sosial dari internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan