Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Sekretaris Umum Pusat Pastoral Keuskupan Atambua, Dosen Tidak Tetap pada STP St. Petrus Keuskupan Atambua

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech Pilihan

Peluang Kerja Global Bermodal Internet dan Risiko yang Mungkin Terjadi

10 Maret 2022   20:48 Diperbarui: 23 Maret 2022   23:12 198 9 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi foto kerja online dari (justdial.com)

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak orang mengalami jatuh bangun untuk mencari pekerjaan. 

Hal tersebut semakin bertambah runyam karena banyaknya kasus PHK, akibat dari lesunya perekonomian, dan semakin bertambahnya angkatan kerja sehingga aktivitas mencari pekerjaan terasa begitu sulit karena persaingan tenaga kerja. Atau secara matematika dapat kita katakan bahwa antara peluang kerja dengan jumlah tenaga kerja yang tersedia tidaklah sebanding.

Tapi biar bagaimana pun di satu pihak kita mesti bersyukur bahwa pandemi ini juga membuka banyak peluang kerja baru baik di dalam negeri maupun dari mancanegara. 

Kini banyak perusahaan menyadari bahwa ada sejumlah pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh atau lebih dikenal dengan peluang kerja online, karena semakin terbukanya arus teknologi komunikasi atau internet.

Mudahnya mendapatkan peluang kerja baru tidak boleh meninabobokan kita untuk tidak waspada. Sebab selalu saja ada tantangan di setiap peluang usaha. 

Sebab meski tampaknya menggiurkan, bukan berarti tanpa resiko. Selalu saja ada orang atau lembaga tertentu yang dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk meraup keuntungan dan mengorbankan orang lain.

Karena itu setiap orang harus mempunyai prinsip. Jangan karena terlilit oleh kebutuhan dan kesulitan, kita mengabaikan akal sehat untuk menilai apakah tawaran itu mungkin atau tidak. Sebab menyesal kemudian tiadalah gunanya.

Peluang kerja dengan bermodalkan internet memang menawarkan sejuta kemudahan saat ini. Asal ada saja jaringan internet, dengan sejumlah ketrampilan menggunakan media sosial, pekerjaan dan uang sudah bisa diperoleh dengan mudah.

Namun, apakah hanya semudah itu saja? Indeks Prestasi semasa kuliah memang tidak dibutuhkan lagi. Tetapi yang paling penting adalah ketrampilan. 

Mungkin perlu sebelum menerima tawaran kerja dari perusahaan di luar negeri untuk bekerja secara online menggunakan jasa internet, kita mesti mengikuti sejumlah pelatihan yang dipersyaratkan. 

Misalnya kemampuan mengoperasikan komputer dan kemampuan berbahasa Inggris sebagai ketrampilan dasar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan