Mohon tunggu...
Yosea Permana
Yosea Permana Mohon Tunggu...

Seorang yang terinspirasi oleh gajah. Gemar, melukis menggambar dan fotografi. Bukan pencari momen tapi manipulator momen. Traveling adalah belajar.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

5 Kota yang Membuatmu Ingin Berlibur ke India

28 September 2016   21:46 Diperbarui: 28 September 2016   21:55 0 4 1 Mohon Tunggu...
5 Kota yang Membuatmu Ingin Berlibur ke India
berlibur ke india. Foto merupakan dokumentasi pribadi penulis

Mengapa ke India? Bukankah negara itu kumuh? Bau? Banyak pengemis? Berantakan? Penipuan? Apa menariknya negara itu hingga harus dikunjungi?

Ya, memang tak bisa dipungkiri bahwa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas adalah “YA”. Semuanya ada di India. Segala ke-minoran tersebut memang erat hubungannya dengan negeri kedua terpadat di dunia ini.

Menjawab pertanyaan terakhir, “Apa menariknya negara itu hingga harus di kunjungi?”. Sangat umum jawabannya, rata-rata penggendong ransel yang pertama kali traveling ke India akan memberi jawaban klise seperti tertarik akan budaya-nya atau juga ingin mencoba keluar dari zona nyaman traveling-nya. 

Contoh umumnya seperti menonton upacara kremasi di Sungai Gangga, belajar musik tradisional, kursus yoga, merasakan sensasi berdesak-desakan di dalam bus yang sangat padat, beradu cepat saat berada di antrian tiket atau berpindah kota menggunakan kereta sleeper. Benar, India adalah tempatnya apabila kita ingin menjalankan kedua tabiat tersebut. Walau memang benar adanya bahwa kedua hal tersebut adalah menarik dan sangat menantang, namun tak semua traveler tertarik dengan budaya, dan tak semua juga rela mengorbankan waktu traveling-nya hanya untuk sekedar keluar dari zona nyaman. Lalu mengapa India harus tetap dikunjungi?

Mari kita berhenti sejenak memikirkan hal-hal minor tersebut, bukan India namanya kalau tak bisa membuat kita terkejut dan jatuh hati. Layaknya koin, India pun memiliki dua buah sisi yang saling berbeda. Pada kenyataannya India tidak hanya bisa mengajak para traveler untuk berkutat dalam dua ekstrim itu saja, India juga menyuguhkan banyak hal menarik lainnya yang akan membuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pembuka di atas berubah dari “ya” menjadi “tidak”. 

Sebagai bocoran, Kolkata sangat terkenal dengan kemiskinan dan kekumuhannya bukan? Namun apa yang saya dapatkan ketika traveling disana sangatlah jauh dari pernyataan itu, mungkin dulu begitu tapi beda dengan sekarang. Pendapat pribadi saya menyatakan bahwa Kolkata relatif nyaman untuk dijelajahi oleh para traveler, tata kotanya terhitung rapi dan juga bersih, jujur masuk ke kota ini bagaikan masuk ke lorong waktu yang membawa saya ke dalam atmosfir film-film eropa di era hitam-putih, pemandangan gedung-gedung tua peninggalan kolonial Britania Raya yang berpadu dengan taksi-taksi kuning yang seharusnya sudah menjadi barang koleksi membuat roman kota ini berasa sangat klasik.

Dan 5 kota inilah yang akan mengubah sudut pandang kita atas India dan mungkin malah berbalik mendambakannya.

 

1. Darjeeling

Pecinta teh pasti tak asing ketika mendengar kata Darjeeling. Ya, teh Darjeeling merupakan salah satu yang terbaik di dunia, mulai dari warna, aroma dan after taste dari teh ini sangat khas dan dicintai penikmat teh. Namun demikian masih banyak yang tidak tahu bahwa Darjeeling adalah nama dari sebuah daerah yang berada di state West Bengal, India. Lokasinya sendiri terletak di kaki pegunungan Himalaya.

Walau demikian, datang ke Darjeeling bukan berarti menikmati teh saja, di sini kita bisa menjelajah keindahan perkebunan teh yang berada di lereng pegunungan Himalaya ataupun menelusuri rural-rural berarsitektur Inggris klasik bercampur Monggolia. Panas? Tentu saja tidak, dari letak saja sudah jelas bahwa Darjeeling berada di lereng Himalaya maka suhu disini sangat sejuk bahkan pada musim dingin Darjeeling akan berwarna putih karena diselimuti oleh salju.

Malas berjalan kaki? Tenang kita masih bisa menikmati Darjeeling dengan cara yang sangat tidak menguras tenaga. Kita hanya perlu duduk manis saja di dalam kereta api mungil (toy train) yang melayani rute pulang pergi Darjeeling – Kurseong. Kereta api? Ya betul kereta api, karena lokomotif yang digunakan untuk menarik gerbong-gerbong mungil yang akan membawa kita menikmati jalur ini masih menggunakan tenaga uap, walaupun ada juga lokomotif yang sudah menggunakan tenaga diesel. Dan kereta bernama Darjeeling Himalayan Railway (DHR) ini merupakan salah situs heritage yang dilindungi oleh UNESCO di India.

2. Agra

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3