Mohon tunggu...
Yosafat
Yosafat Mohon Tunggu... Musisi - Train Your Mind

Tak sebaik yang terucap,tak seburuk yang terpikir

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Domain Konvergensi Kehidupan

18 September 2022   07:07 Diperbarui: 18 September 2022   07:13 40 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Teknologi bisa mengajari manusia begitu banyak pelajaran hidup . Manusia telah pergi ke begitu banyak upacara peribadahan, dan karena Allah memiliki keyakinan masyarakat dapat mengetahui. Bagian paling penting dalam upacara peribadahan adalah "eulogi" , penyampaian sanjungan terhadap orang yang sederhana,hebat dan berjasa . 

Bagian ini lebih penting dari doa,prosesi, atau upacara apa-pun . Orang-orang menyukai "eulogi" karena dalam 99% cerita mereka membicarakan sosok manusia yang punya integritas . Mereka mulai mendefinisikan betapa beruntungnya kenangan bersama orang itu, apa makna yang terkandung bagi mereka .Sungguh sahabat yang luar biasa, terkadang seorang juru masak pintar/pandai , atau betapa hebatnya manusia dalam peduli , mencintai dan melayani . 

Setelah menghadiri banyak upacara peribadahan, inilah yang manusia sebut sebagai garis Konvergensi kehidupan. Ini adalah kiasan dari ilmu ekonomi ; Ketika orang memperhatikan proxy/IP address/website sebuah teknologi ("zonasi"), memperhatikan ahli keuangan dan administratif . 

Pada saat itu objek memiliki garis konvergensi atau garis teratas , tempat andalan menyatukan kolom debit dan kredit serta mengetahui berapa jumlah (logika). Apa yang dikatakan mengenai orang berintegritas ? Manusia selalu sangat terinspirasi menyimak apa yang benar-benar penting pada saat peribadahan : harta benda umat' benar-benar penting (relativitas), bahkan pencapaian hidup manusia sangatlah benar-benar penting. 

Apa yang benar-benar penting adalah betapa baiknya manusia mencintai pasangan Anda, anak-anak Anda, orangtua Anda. Sumbangsih apa yang manusia berikan kepada kehidupan intelektual dan karakteristik orang lain, betapa baiknya manusia (intergritas) bagaimana manusia hadir dan membantu tatkala orang lain sedang miskin , betapa tulus persahabatan manusia. Itulah apa yang manusia dengar .

Jadi, ayo tetap semangat dan terus semangat. Apa yang pelajaran upacara peribadahan ini ajarkan kepada manusia adalah hal-hal yang benar dan benar penting dalam hidup (prioritas). Apa yang hati dan pikiran akan kenang mengenai manusia, itulah yang harus manusia kerjakan dengan tekun mulai sekarang . 

Segala hal lainnya yang positif begitu banyak memanfaatkan waktu kita : perdamaian, membaca kita suci ,rajin membayar pajak,berusaha menaklukkan kehidupan, kebahagiaan sejati , memiliki kendaraan ,belajar dan berdoa, apapun yang anda cita-citakan dalam hidup ini, orang-orang akan mengenang segala aspek dan bahasa dengan itu. 

Mereka mengenang  manusia lewat kebaikan dan intergritas, hal-hal yang tak ternilai dengan uang, hal-hal yang membutuhkan waktu, hal-hal yang kadang kita dapat dari pengalaman yang beragam  (experience) Inilah hal-hal yang justru bermakna. Itulah pelajaran dari konvergensi. 

Ketika manusia mengenang sesuatu, apa yang manusia inginkan untuk dikenang? Inilah segenap nilai karakteristik yang berlaku di segenap tradisi agama dunia, inilah yang menjadikan kehidupan, yang membuat manusia, yang benar-benar penting ,yang sesungguhnya masyarakat rayakan pada saat kematian manusia (unsur).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan