Mohon tunggu...
Yohanes Pasaribu
Yohanes Pasaribu Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Pemikir tanpa tindakan. Sering mengisolasi diri dari lingkungan sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Strategi NET. di Balik "Ini Talk Show" dan Tergesernya The Comment

23 Maret 2014   20:55 Diperbarui: 4 April 2017   16:56 30497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1395579024768913677

Mulai hari ini (23/3), stasiun televisi (entah swasta entah berjaringan, sedikit bias tentang statusnya) NET. menayangkan program terbaru bertajuk Ini Talk Show. Episode pertama dari program bergenre comedy talkshow ini tayang malam ini, kemudian berlanjut pada hari Senin hingga Jumat pukul 20.00 WIB.

Jam tayang di atas menggeser program komedi yang lebih dulu mengudara, The Comment, menjadi pukul 18.00 WIB dan program berita hiburan Entertainment News menjadi pukul 17.30 WIB. Pergeseran ini sekaligus menyunat durasi tayang NET. 17 dan Entertainment News menjadi hanya 30 menit pada hari Senin hingga Jumat.

Saya tidak membahas mengenai siapa yang terlibat di dalam Ini Talk Show, seberapa lucu acara tersebut dan sebagainya dan sebagainya. Saya hanya menganalisa beberapa hal di balik penayangan Ini Talk Show.

Indika: Kapan Balik Modal, NET.?

Sebagai stasiun televisi baru, NET. sudah menginvestasikan banyak dana untuk membuat (dan membeli) berbagai program, menyediakan perangkat dalam kualitas High Definition (HD) dan investasi melalui program YouTube Partners sebagai pustaka program in-house mereka. Untuk 1-2 tahun pertama, NET. mandapat suntikan dana dari induk usaha, Indika Group. Konten NET. sendiri didistribusikan melalui terestrial, TV berlangganan, live streaming dan video on-demand melalui YouTube. Untuk konten NET. HD sendiri hanya dapat disimak melalui First Media, BiG TV, live streaming dan YouTube.

Penayangan NET. sepanjang 2013 bisa dikatakan sebagai masa sosialisasi, terutama bagi pemirsa di jalur terestrial (sebagaimana diketahui, NET. memakai frekuensi yang sebelumnya digunakan Spacetoon). Memang ada beberapa program yang berhasil menggandeng sponsor (salah satunya Yamaha pada program X Games), namun bisa dibilang nilai kerja sama tersebut belum seberapa. Belum lagi porsi tayangan NET. memang lebih banyak ditujukan pada pemirsa dengan kelas ekonomi menengah sehingga potensi pengiklan menjadi lebih terbatas.

Menyadari bisnis media merupakan industri padat karya sekaligus padat modal, NET. kemudian menggunakan strategi baru pada tahun 2014 ini. Melalui kampanye NET. Movement, NET. akan menayangkan berbagai program dan memperluas jangkauan pemirsanya. Di triwulan pertama tahun ini saja, NET. sudah menayangkan beberapa event Bulu Tangkis (melalui kerjasama dengan Fox), konser musik (dari Iwan Fals hingga artis mancanegara), sitkom (Keluarga Masa Kini dan Tetangga Masa Gitu?) dan talk show bertajuk Ini Talk Show.

Ini Talk Show, Untuk Apa?

Penayangan Ini Talk Show murni untuk tujuan iklan. Menyadari bahwa figur seperti Sule dan Andre Taulany masih memiliki daya jual dan masih cukup menarik bagi pemirsa, termasuk pemirsa dengan kelas ekonomi menengah ke bawah, NET. secara jeli memakai kedua figur tersebut untuk mengisi program terbaru. Dengan munculnya Sule dan Andre di program Ini Talk Show, NET. jelas mengharapkan jumlah penonton yang lebih banyak, yang secara bertahap berkorelasi terhadap pemasukan dari iklan.

Lantas, kenapa NET. memilih menggeser The Comment, bukan mengakhirinya? Walaupun porsinya lebih kecil, The Comment sudah mampu mendatangkan pengiklan, baik dalam format iklan lepas (yang pernah diisi oleh Mayora (Kopiko), Unilever (Wall's), Lemonia dan lain-lain) maupun advertorial dan insert pada salah satu segmen (beberapa kali terjadi, kliennya antara lain Mogu-mogu dan Telkomsel Loop). Belum lagi, NET. menyatakan dalam rilis pers NET. Movement bahwa The Comment (bersama Sarah Sechan dan Indonesia Morning Show) merupakan program yang sudah dikenal masyarakat. Yang berarti acara-acara ini akan kecil kemungkinannya untuk dihentikan penayangannya, setidaknya hingga penghujung Mei nanti (dimana NET. akan berusia 1 tahun pada tanggal 26 Mei).

Kita lihat apakah strategi NET. kali ini berhasil memberikan pemasukan lebih dan mempercepat BEP agar dapat berekspansi lebih jauh.


Sanggahan: Tulisan ini murni opini penulis. Penulis sama sekali tidak terafiliasi dengan NET., Indika Group maupun pihak lain yang berafiliasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun