Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Cobra Kai", tentang Persaingan dan Pelajaran Hidup yang Tak Akan Pernah Usai

10 September 2020   11:13 Diperbarui: 13 September 2020   11:44 509 25 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Cobra Kai", tentang Persaingan dan Pelajaran Hidup yang Tak Akan Pernah Usai
Cobra Kai | Sumber:Sony Pictures Television via cinepop.com

Mungkin pada saat itu tidak ada yang pernah menyangka bahwa The Karate Kid, film dengan budget "hanya" 8 Juta USD bisa meraup kesuksesan yang begitu masif di Amerika Serikat. 

Seperti dilansir dari laman boxofficemojo, film yang dirilis tahun 1984 tersebut berhasil memperoleh pendapatan lebih dari 10 kali lipat budgetnya yaitu sekitar 91 Juta USD.

Angka perolehan tersebut jelas lebih dari cukup untuk membuat film tersebut berkembang menjadi pop culture baru di kalangan anak muda Amerika saat itu. Lengkap dengan Ralph Macchio, si pemeran Daniel LaRusso yang dengan seketika menjadi jagoan baru di kalangan remaja saat itu khususnya para kaum hawa. Pun The Karate Kid berhasil menjadi film yang mempopulerkan bela diri karate di Amerika Serikat pada saat itu.

The Karate Kid(1984) | Sumber: Columbia Pictures via geektyrant.com
The Karate Kid(1984) | Sumber: Columbia Pictures via geektyrant.com
The Karate Kid mungkin memiliki jalan cerita yang bisa dibilang tidak terlalu spesial. Klise, mudah ditebak, dengan akhir cerita manis layaknya kisah dongeng perjuangan klasik. 

Namun kehangatan cerita dan relevannya berbagai pesan kehidupan yang dibawanya lah yang membuat film ini begitu mengena di hati siapapun yang menontonnya.

Empat film yang dirilis, termasuk trilogi original dan satu film di luar saga LaRusso, sebelum akhirnya di reboot pada tahun 2010 dengan Jackie Chan dan Jaden Smith sebagai aktor utamanya, jelas menjadi contoh betapa film ini cukup penting bagi generasi. Namun tentu The Karate Kid original lah yang penulis rasa paling diingat oleh siapapun.

Sumber: Columbia Pictures via fortune.com
Sumber: Columbia Pictures via fortune.com
Perkenalan Daniel (Ralph Macchio) dengan Mr. Miyagi (Pat Morita) yang sabar dan bijaksana hingga mampu mengajarkannya karate untuk kebaikan. Persaingan Daniel dan Johnny (William Zabka) yang dipimpin oleh guru karate yang killer dan tak manusiawi, John Kreese(Martin Kove). Hingga kemunculan Elizabeth Sue muda sebagai love interest di tengah-tengah Daniel dan Johnny, menjadi beberapa contoh momen tak terlupakan dari The Karate Kid.

Kini, 34 tahun setelah momen persaingan Daniel dan Johnny usai, atau setidaknya kita anggap usai pada saat itu, muncul kembali dalam momen yang tak diduga di usia dewasa mereka. 

Betapa momen kemenangan Daniel di final turnamen karate saat keduanya masih duduk di bangku SMU benar-benar mengubah hidup keduanya secara keseluruhan.

Daniel tumbuh dengan mental pemenang dan sukses dalam pekerjaannya sebagai pengusaha showroom mobil. Sementara Johnny tumbuh sebagai laki-laki yang nampak hopeless, urakan, dan tidak suka dengan aturan.

Sumber: Steve Dielt/Sony Pictures Television via menshealth.com
Sumber: Steve Dielt/Sony Pictures Television via menshealth.com
Yang menarik dari Cobra Kai adalah bahwasanya serial yang sejak tahun 2018 dimiliki Youtube namun berpindah kepemilikan ke Netflix di 2020 ini adalah mengizinkan kita untuk melihat semesta The Karate Kid dalam sudut pandang karakter yang selama ini kita anggap antagonis dan protagonis secara terbalik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x