Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Awardee Best in Specific Interest Kompasiana Awards 2019

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Menikmati Hari Terakhir Operasional TIM XXI yang Penuh Kenangan

19 Agustus 2019   08:17 Diperbarui: 19 Agustus 2019   09:19 0 11 7 Mohon Tunggu...
Menikmati Hari Terakhir Operasional TIM XXI yang Penuh Kenangan
TIM XXI | Dokumentasi pribadi

Jam sudah menunjukkan pukul 16.20 WIB kala saya mulai menaiki ojek online yang saya pesan beberapa menit sebelumnya untuk menuju ke bioskop XXI yang ada di dalam area Taman Ismail Marzuki. 

Film Perburuan yang akan saya tonton pun akan segera dimulai 30 menit lagi sesuai dengan jadwal tayang di aplikasi ticketing online yang saya gunakan.

Ya, seharusnya hari ini saya bersama dengan rekan-rekan Komik mengikuti rangkaian nobar maraton Bumi Manusia dan Perburuan. Namun karena satu dan lain hal, saya pun akhirnya membatalkan acara yang diselenggarakan Komik karena waktunya tidak memungkinkan. 

Perburuan yang "gagal" ditonton maraton itu pun pada akhirnya saya pilih sebagai tontonan Minggu sore bertepatan dengan hari terakhir operasional bioskop XXI di Taman Ismail Marzuki.

Ya, bioskop XXI TIM berhenti beroperasi mulai Senin, tanggal 19 Agustus 2019. Meninggalkan para pengunjung setianya yang telah menjadikan "bioskop sederhana" tersebut sebagai ruang tonton favoritnya.

Adalah akun twitter @bicaraboxoffice yang pertama kali saya lihat soal cuitan pemberitahuan terkait tutup permanennya bioskop XXI di area Taman Ismail Marzuki. Sontak kabar itu pun membuat saya kaget karena bioskop TIM sendiri merupakan salah satu lokasi bioskop favorit saya.

Wartakota.tribunnews.com
Wartakota.tribunnews.com
Kabar penutupan bioskop yang berdiri di area taman seluas 9 hektar yang diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin di tahun 1968 silam itu pun sontak menyebar dengan cepat di kalangan warga net. Laman berita online pun bergantian menampilkan berita yang sejatinya cukup mengejutkan ini.

Memang, berita tentang rencana penutupan bioskop TIM XXI ini sudah pernah disampaikan di bulan November tahun 2018 silam. Hanya saja banyak yang tak menyangka bahwa tanggal 18 Agustus 2019 ini lah yang dipilih menjadi hari terakhir operasional bioskop tersebut.

Dilansir dari CNN.com, gedung bioskop TIM XXI pun akan segera dibongkar untuk kemudian dijadikan gedung perpustakaan yang baru. Sementara bagian lainnya akan digunakan untuk perluasan gedung pertunjukkan Graha Bhakti Budaya yang saat ini posisinya ada di samping gedung XXI persis. 

Selain itu pembongkaran tersebut juga dilakukan terkait kontrak XXI TIM yang sudah selesai per tanggal 19 Agustus 2019 dan konon tak diperpanjang oleh pihak pengelola bioskop.

Jadi, masih menurut sumber yang sama, bioskop XXI sebenarnya masih memungkinkan untuk hadir kembali jika proses revitalisasi TIM tahap 1 sudah selesai di tahun 2021 kelak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x