Mohon tunggu...
Yonathan Christanto
Yonathan Christanto Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Movie Enthusiast | Music Lover | Kompasiana Awards 2018 Nominee for Best in Specific Category

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Avengers: Endgame", Konklusi Epik dari Babak Akhir yang Emosional

25 April 2019   10:31 Diperbarui: 25 April 2019   14:48 0 13 3 Mohon Tunggu...
"Avengers: Endgame", Konklusi Epik dari Babak Akhir yang Emosional
Sumber ilustrasi: Forbes.com

Sebelas tahun sejak Iron Man (2008) menjadi film pertama yang membuka semesta pahlawan super Marvel, total telah ada 21 film superhero Marvel yang menghibur jutaan penonton di seluruh dunia. Hulk, Captain America, Thor dan Black Panther kemudian menjadi beberapa karakter komik yang bergantian muncul di layar lebar, melengkapi kisah dalam semesta yang dibuka Iron Man di tahun 2008 silam.

Dan kini, semesta Marvel yang juga disebut dengan MCU (Marvel Cinematic Universe) telah menemui babak akhirnya melalui film Avengers: Endgame. Ya setidaknya babak akhir dari 11 tahun pertama yang telah dibangun MCU, dimana kemudian memperkenalkan para aktor ikonik yang memerankan masing-masing karakter superhero semisal Robert Downey Jr., Mark Ruffalo, Chris Evans dan Chris Hemsworth.

Ilustrasi: Slashfilm.com
Ilustrasi: Slashfilm.com
Karena itulah, maka Avengers: Endgame menjadi film yang benar-benar dinanti oleh para penikmat film di seluruh dunia. Karena bukan hanya menjadi semacam kisah pamungkas dari para superhero "pembentuk" semesta MCU, namun juga menjadi konklusi atas 11 tahun saga Infinity Stones yang menjadi pusat segala konflik di MCU.

Lantas apa yang membuat Endgame menjadi film yang begitu dinantikan? Dan apa harapannya bagi MCU setelah berakhirnya film ini? Tanpa menuliskan sinopsis yang sudah bertebaran di jagat maya, inilah beberapa poin menarik dari Endgame dan harapan besarnya bagi MCU.

MCU dan Fenomena Global

Ilustrasi: cnet.com
Ilustrasi: cnet.com
Tak bisa dipungkiri, 11 tahun terakhir menjadi 11 tahun yang paling membahagiakan bagi para fans superhero maupun penikmat film. Deretan tokoh komik berhasil dihidupkan dan membangkitkan antusiasme tersendiri bagi para penonton.

Dan selama 11 tahun pula, MCU menjadi semacam fenomena global yang kehadirannya selalu dinanti. Tak hanya film tentpole mereka semisal Avengers yang mendapatkan pundi-pundi luar biasa, film dari karakter komik yang kurang terkenal semisal Ant-Man pun selalu mencatatkan pendapatan besar. 

Maka tak heran rekor demi rekor tercipta mulai dari penjualan tiket presale, jumlah penonton opening day dan opening week, hingga pendapatan total secara global. Avengers: Endgame pun tak luput dari hal tersebut. 

Ilustrasi: Variety.com
Ilustrasi: Variety.com

Dilansir dari fandango.com, penjualan tiket presale Endgame di US selama 6 jam sudah bisa mengalahkan penjualan tiket presale Infinity War selama 1 hari. Bahkan total penjualan hari pertamanya langsung menciptakan rekor baru yang sebelumnya dipegang oleh Star Wars:The Force Awakens

Dengan Star Wars: The Force Awakens mencatatkan angka $220 juta di pekan pembukanya, maka tak heran jika kemudian banyak analis memprediksi Endgame akan menyentuh angka $300 juta bahkan yang paling ekstrim, $800 juta di pekan pembukanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x