Mohon tunggu...
Yolis Djami
Yolis Djami Mohon Tunggu... Dosen - Foto pribadi

Tilong, Kupang.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tulis Apa?

16 Juli 2021   22:21 Diperbarui: 16 Juli 2021   22:25 66 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tulis Apa?
Gambar: id.lovepik.com

 

Banyak orang akan bertanya kembali ketika diimbau untuk menulis. Apakah itu imbauan yang diterima dari orang per orang atau pribadi lepas pribadi yakni secara personal. Atau yang didapat dalam sebuah kelompok atau grup menulis yaitu secara klasikal. 

Pertanyaan yang paling sering dilontarkan atau yang timbul berkelindan di benak adalah: Tulis apa -- menulis tentang apa? Menulis harus mulai dari mana? Kapan waktunya untuk menulis? Bagaimana cara menuliskannya?

Sesungguhnya tidak sulit, rumit atau jelimet menulis itu. Tapi sebaliknya juga tidak gampang-gampang amat. Mesti ada sedikit perjuangan yang diperlukan dari setiap individu yang ingin mengejawantahkannya. Hanya perlu keberanian memaksa diri untuk memulainya.

Berhenti memberi alasan yang melemahkan diri sendiri. Alasan-alasan yang justru membuat diri enggan memulai. Jangan lagi membombardir diri dengan tuduhan-tuduhan palsu yang mengerdilkan kemampuan sendiri. Sebab sesungguhnya semua orang bisa menulis dengan cakap keren.

Pada kesempatan ini aku terdorong untuk berbagi pengalaman saja. Yaitu sesuai dengan yang aku alami dan lakukan sehubungan dengan dan seputar menulis. Pengalaman ringan bersahaja. Jadi bukan teori ilmiah yang mengerutkan kening.

Sambil berbagai sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Aku berharap para senior yang telah tergolong maestro dalam dunia tulis menulis karang mengarang juga mau ikut. Mau urun rembuk untuk menyempurnakan tuturan ini.

Kali ini aku mau menceritakan dan menjawab pertanyaan yang adalah judul tulisan: Tulis apa? Aku mau menulis tentang apa? Sepertinya tidak ada yang bisa aku tulis. Kekira itu yang terbersit di benak mereka yang ingin menulis. Betul begitukah? Tidak, teman!

Ada banyak hal yang bisa ditulis. Apapun itu. Apa saja yang tertangkap melalui pancaindra bisa ditulis. Seluruh alat dria manusia merupakan perekam terbaik dan terpeka yang menakjubkan. Mereka bisa menyimpan cerita menarik yang layak ditulis.

Oleh karena itu, ketajaman kepekaan merekam dari setiap panca indra harus selalu diasah. Supaya semakin hari ia semakin rinci merekam informasi yang bisa ditulis. Bila sudah ada hal baru yang terekam, sebaiknya langsung ditulis. Jangan ditunda agar tidak hilang terbang, menguap lenyap.

Sekali lagi, segala sesuatu yang dapat diliput indra manusia dapat ditulis. Yaitu segala sesuatu yang masuk melalui pintu penglihatan. Setiap yang masuk melalui dan mengusik pendengaran. Apa pun yang melesat melalui alat penciuman. Hal-hal yang menggoda alat peraba. Dan berbagai hal yang masuk melalui pintu perasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN