Mohon tunggu...
yogi prasetyo
yogi prasetyo Mohon Tunggu... Sepi ing pamrih rame ing gawe

Mencoba memberikan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Keamanan

Motor Gede Ditendang Paspampres

2 Maret 2021   06:47 Diperbarui: 2 Maret 2021   06:53 80 1 0 Mohon Tunggu...

Belum lama ini sedang viral video dimana beberapa pengendara motor ber CC tinggi alias motor gede di hadang oleh Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres akibat nekat menerobos jalur atau area Ring satu istana.. Dalam video tersebut nampak, beberapa paspampres menghentikan pengendara motor tersebut dengan cara menendang pengendara motor tersebut hingga terjatuh..

Sebagaimana kita tahu, bahwa Pasukan Pengamanan Presiden adalah orang-orang terpilih dan terlatih khusus yang berasal dari kesatuan Tentara Nasional Indonesia. Paspampres ditugaskan oleh Negara untuk 1x24 jam mengawal dan mengamankan Presiden dan wakil presideng beserta dengan keluarganya. Selain untuk mengawal dan mengamankan Presiden dan Wakil Presiden, Paspampres juga turut mengawal serta memberikan rasa aman bagi mantan presiden dan wakil presiden, tamu-tamu negara setingkat kepala negara dan kepala pemerintah negara-negara sahabat.

Dalam tugasnya, paspampres tidak ada kata tawar menawar dalam memberikan pengawalan dan keamanan...pengalaman saya yang pernah bekerja di Sekretariat Negara, untuk dapat memasuki area istana kita harus menunjukkan kartu pegawai yang sah jika kita memang pegawai di instansi tersebut, atau menunjukkan Kartu Tanda Penduduk jika kita merupakan tamu yang ingin memasuki area istana..selain itu, sebelum kita memasuki area istana kita akan dilakukan pengecekan di beberapa titik sebelum benar-benar memasuki area istana..

Jika kita melihat pada video yang sedang viral tersebut, nampak para pengendara motor menerobos area sekitaran istana yang memang sudah di steril kan sebelumnya..jika berkaca kembali pada pengalaman saya sebelumnya, jika ada rombongan Presiden atau wakil presiden atau tamu VVIP yang akan melintas atau memasuki area istana negara, maka pasukan pengamanan presiden wajib menutup area sekitar istana tersebut dan memastikan daerah tersebut aman dan terkendali sehingga Presiden dan atau rombongan lainnya dapat di dahulukan melintasi area tersebut..

Dalam kejadian ini, menurut pendapat saya tindakan yang dilakukan paspampres sudah tepat dengan menghadang serta menghentikan para pengendara motor tersebut..hal tersebut dikarekan, apabila area yang sudah di anggap aman dan terkendali oleh Paspampres namun terdapat kegiatan yang memasuki area tersebut tanpa ijin, hal tersebut merupakan ancaman dan dapat mengganggu stabililitas area tersebut..

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x