Mohon tunggu...
Yoga Trihaditya
Yoga Trihaditya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa,MC,Freelance

saya suka dengan bidang sosial pendidikan, hobi saya membaca serta menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Senyum Kecil Berbagi Pendidikan dengan Anak-Anak di Sumatera Utara

2 Juni 2022   12:21 Diperbarui: 2 Juni 2022   13:05 132 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(Foto Bersama dengan anak anak Sekolah Dasar Negeri 095257 Tanjung Hataran Kabupaten Simalungun. Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi)

Senyum Kecil merupakan sebuah organisasi non-profit yang bergerak di bidang pendidikan anak-anak. Pandemi Covid-19 tidak memberhentikan langkah mereka untuk terus berkarya dan menghasilkan manfaat untuk banyak orang. Pada 7 Agustus 2020, organisasi ini resmi dibentuk.

Organisasi ini bermula dari pertemanan 4 orang anak yang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas di tempat yang sama. Keempat sekawan ini bernama Farid Haikal, Audry Handoyo, Raden Larasati dan Fadel Hasibuan. Sering kali mereka mengunjungi daerah-daerah yang ada di Sumatera Utara.

“Dari yang awalnya kami iseng-iseng duduk, saat itu ada aku, Fadel, Lala, kipek. nah, saat itu kan pendidikan masih online terus iseng lah gitu bahas tentang pendidikan dan karena kami juga orangnya yang suka jalan jalan gitu, terbahaslah kenapa kami gak ngajar secara langsung ke daerah daerah nih, ngebantu anak anak untuk belajar karena masih online juga terus juga ada anak anak yang gak sekolah dan gak seberuntung kita gitu kan jadi terpikirkan lah untuk mengajar dan kami saat itu langsung pergi ber 4 untuk ngajar anak anak“, ucap Haikal.

Visi dari Senyum Kecil adalah untuk mewujudkan pendidikan yang adil dan merata agar terbentuknya generasi muda yang kreatif dan berkualitas di Indonesia. Sementara itu, misi dari Senyum Kecil ialah untuk melakukan pengajaran soft skill sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan dari anak-anak Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera.

Program Senyum Kecil sendiri terbagi atas tiga. Pertama, Berbagi Pendidikan. Sesuai dengan namanya, di sini para anggota memberikan sebuah pembelajaran kepada anak-anak baik itu pengetahuan umum, kesehatan, lingkungan serta mengnai nasionalisme.

Program Kedua, Berbagi Senyum. Pada program ini, Senyum Kecil berperan sebagai penyalur donasi materi yang disumbangkan oleh para donatur. Dapat berupa makanan, handuk, Sembilan Bahan Pokok (Sembako). Ketiga, ada Senyum Ramadhan, yang berupa pengajaran agama di bulan Ramadhan, serta turut membagikan takjil kepada masyarakat yang sedang berada di jalan.

Program pertama yang direalisasikan oleh senyum kecil ini ialah Berbagi Pendidikan. Kegiatan yang dilakukan yaitu dengan mengunjungi anak anak di desa untuk mengajar.

"Pada awal kami mengajar itu kami juga cukup kaget karena ternyata sistem atau metode mengajar saat pandemi di desa sama di kota itu juga berbeda, kalau di desa itu sekolahnya libur gitukan jadi guru yang datengin ke rumah rumahnya jadi kami saat itu cuman kunjungan dan memberikan beberapa bingkisan kaya alat tulis gitu", tambah Haikal.

(Kegiatan Senyum Kecil membagikan makanan ringan kepada anak anak setelah selesai mengajar. Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi)
(Kegiatan Senyum Kecil membagikan makanan ringan kepada anak anak setelah selesai mengajar. Sumber Foto: Dokumentasi Pribadi)

Terhitung hingga saat ini telah banyak kegiatan yang dilakukan oleh senyum kecil dari mulai penyuluhan, mengajar, pembagian sembako, dan bagi bagi makanan, untuk daerah di Sumatera Utara yang telah kunjungi oleh senyum kecil itu dimulai dari, daerah kota Medan, Tangkahan, Deli Serdang, hingga ke daerah Kabupaten Simalungun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan