Mohon tunggu...
Yoga Prasetya
Yoga Prasetya Mohon Tunggu... Ikhtiar, Doa, Tawakal

Ikhtiar, Doa, Tawakal

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

6 Aktivitas yang Perlu Dilakukan Anak Didik Sebelum Menghadapi PAT

31 Mei 2021   06:48 Diperbarui: 31 Mei 2021   06:52 286 25 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Aktivitas yang Perlu Dilakukan Anak Didik Sebelum Menghadapi PAT
Dokumen Yoga Prasetya: Diseminasi Pembelajaran 2021 untuk Pendidikan Madrasah Lebih Baik

6 Aktivitas Yang Perlu Dilakukan Anak Didik Sebelum  Menghadapi PAT (Penilaian Akhir Tahun)

Hari ini, Senin, 31 Mei 2021 anak didik saya akan melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2020-2021. Sebagai guru yang akrab dengan anak didik, saya ingin menyampaikan pesan melalui tulisan ini. "Anakku, hadapi penilaian akhir tahun dengan senyuman."

Niatkan melaksanakan PAT sebagai bagian ibadah kepada Allah. Jangan fokus pada hasil, tetapi proses. Sehingga, tidak ada lagi istilah belajar SKS (Sistem Kebut Semalam).

Pada hakikatnya, PAT dilaksanakan sebagai penanda apakah selama setahun ini kalian sudah paham dengan materi yang dipelajari? PAT ibaratnya kaca untuk refleksi diri. Dengan PAT, kita jadi tahu kekurangan pada diri.

Oh, ternyata materi ini belum saya pahami. Berarti sebelum tahun depan naik kelas, kita perlu kembali memahami materi tahun ini. Karena pelajaran tahun depan merupakan lanjutan dari pelajaran tahun ini.

Berikut ini aktivitas yang bisa Pak Yoga sarankan kepada kalian sebelum mengikuti kegiatan PAT.

1. Bangun lebih pagi
Sebelum azan subuh, anak didik harus sudah bangun. Berwudhu atau boleh langsung mandi. Dengan bangun lebih pagi, kita jadi lebih siap menghadapi PAT "sambil tersenyum".

2. Salat Tahajud
Salat Tahajud memiliki banyak manfaat. Salah satunya, hajat atau keinginan kita akan lebih didengarkan oleh Allah. Insyaallah, terkabul. Karena di saat orang lain masih tertidur, kita sudah bangun dan berdoa. Bukankah hanya Allah yang bisa mengabulkan doa kita?

3. Mengaji Al-Qur'an
Jika masih ada waktu sebelum azan subuh, usahakan mengaji Al-Qur'an. Bukan hanya melafalkan, tetapi juga memahami maknanya. Minimal kita baca terjemahannya. Dengan memahami makna bacaan Al-Qur'an, insyaallah hati kita lebih tenteram dan bisa menjadi "tombo ati/obat hati".

4. Salat Subuh berjamaah
Sungguh manfaat salat berjamaah sangatlah banyak. Apalagi bila kita ajak orang tua kita dan saudara kita. Insyaallah, dengan salat subuh berjamaah, terjalinlah sebuah keluarga yang bahagia dunia akhirat. Aamin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN