Mohon tunggu...
Yoga Mahendra
Yoga Mahendra Mohon Tunggu... qwq

hai kawan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Ikan Channa Menjadi Bisnis Kala Pandemi

27 April 2021   02:17 Diperbarui: 27 April 2021   02:49 139 1 0 Mohon Tunggu...

Ikan channa merupakan spesies dari ikan gabus, ikan ini memiliki berbagai jenis yang unik, ciri ikan ini yaitu ada sirip yang memanjang di bagian atas bawah dan ada dua sirip di kanan kiri untuk dapat menggerakkan tubuh ikan tersebut. Corak ikan channa ada berbagai macam tergantung jenis atau nama ikan dari channa apa. Keunikan yang ada di ikan channa membuat masyarakat ingin memeliharanya baik sebagai koleksi maupun bisnis untuk diperjual belikan.

Pada masa pandemi ini memelihara ikan channa menjadi tren karena dari pada kebingungan mau ngapain, akhirnya masyarakat ikut ikutan memeliharanya.Berbagai jenisnya seperti channa Pulchra memiliki ciri warna biru di bagian tubuh dan memiliki dorsal hitam,ikan ini di banderol dengan harga Rp.40.000 - Rp. 80.000 untuk ukuran 4-8 cm tergantung keunikan yang di milikinya. Selain pulchra ada juga jenis yellow sintarum, ikan ini memiliki ciri badan yang berwarna kuning dan bisa mencapai ukuran lebih dari 30 cm, cara merawatnya sangat mudah tergantung pemiliknya, pertama makan bisa menggunakan udang segar atupun cacing, biasanya menggunakan udang yang sudah di bekukan kurang lebih seminggu atu bisa juga menggunakan pelet untuk cemilan agar menambah warna dari ikan tersebut. Sebisa mungkin ikan harus di ajak untuk bermain dengan kaca di pantulkan ke hadapanya supaya flaring (gerak mengikuti kaca).

Ketika air aquarium sedang tidak normal, kita bisa menggunakan heather untuk menghangatkan air tersebut supaya ikan nyaman dan tidak stres, apabila tidak ikan bisa sangat berpengaruh terhadap pencernaan dan menjadi pengaruh terhadap munculnya bunga di yellow sintarum,.

Pada era pandemi banyak juga yang menyelenggarakan kompetisi untuk ikan channa, pengalaman penulis juga pernah mengikuti kompetisi yang di selenggarakan di berbagai wilayah salah satunya di sleman yakni di sleman city hall, ketika mengikuti ajang ini kita bisa melihatkan kepada orang -orang ikan yang sangat layak untuk di pelihara terdapat juga berbagai keunikan yang akan melambungkan harga dari ikan tersebut, penulis juga mempunyai toko atau tempat jual ikan yaitu @okefish_sleman yang ada di kronggahan sleman yogyakarta bisa kunjungi instagramya. Okefish_sleman juga pernah berkunjung ke semarang untuk menyaksikan kompetisi dan pameran disana.

Ikan chana sangat cocok untuk di pelihara di kala pandemi untuk menambah koleksi ikan atau bisa untuk bisnis jual beli, sangat di sarankan memelihara ikan ini karena perawatanya yang mudah dan bisa meraih keuntungan.

VIDEO PILIHAN