Mohon tunggu...
Yunita
Yunita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa yang senang untuk belajar hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mengekspresikan Warna Favorit serta Melatih Konsentrasi Anak Melalui Kegiatan Meronce - KKN Tematik UPI 2022

15 Agustus 2022   06:22 Diperbarui: 15 Agustus 2022   06:40 153 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Pengajar dan Murid TK Ananda (Dokumen Pribadi)

Salah satu program yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kelompok 53 dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPI tahun 2022 adalah pendampingan siswa dan guru dalam pembelajaran, termasuk kepada lembaga Taman Kanak-Kanak (TK). 

Salah satu topik pembelajaran pada anak usia dini termasuk didalamnya adalah siswa-siswi Taman Kanak-Kanak (TK) adalah pembelajaran mengenal hal-hal yang mereka suka, mulai dari makanan kesukaan hingga warna kesukaan. 

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengemas pembelajaran terkait topik ini supaya dapat menarik perhatian dan konsentrasi anak selama mengikuti pembelajaran. Kegiatan yang dipilih untuk dapat mengekspresikan warna kesukaan anak adalah dengan kegiatan meronce.

TK Ananda yang berada di RW 13 Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Bandung merupakan lokasi tempat pelaksanaan kegiatan ini. TK Ananda sendiri terdiri dari 2 kelompok belajar yaitu kelompok Siti Hajar dan kelompok Siti Khadijah dengan jumlah seluruh siswa 20 orang dengan rentang usia 5-6 tahun. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Agustus 2022 secara bersamaan pada kedua kelompok belajar. Berbagai persiapan dilakukan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, mulai dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) hingga persiapan alat dan bahan yang akan digunakan oleh anak pada saat kegiatan berlangsung.

Kegiatan pengenalan warna terlebih dahulu dilakukan dengan kegiatan hand painting menggunakan edible paint yang berbahan dasar tepung tapioka dan pewarna makanan. 

Dalam kegiatan ini anak-anak ditugaskan untuk menggambar pelangi menggunakan pewarna yang telah disediakan. Dalam pelaksanaannya, anak-anak juga dikenalkan dengan nama-nama warna dalam Bahasa Inggris untuk menambah kosa kata anak dalam Bahasa Inggris. 

Selain untuk mengenalkan warna kepada anak, kegiatan hand painting juga dilakukan untuk meningkatkan keberanian anak dalam menggunakan bahan pewarna menggunakan tangan mereka. 

Anak-anak sangat antusias dalam membuat pelangi menggunakan pewarna yang telah disediakan. Salah satu anak mengatakan bahwa tekstur pewarnanya seperti Jelly dan anak tersebut sangat senang ketika menggunakannya.

Kegiatan Hand Painting TK Ananda (Dokumen Pribadi)
Kegiatan Hand Painting TK Ananda (Dokumen Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan