Mohon tunggu...
Ya Yat
Ya Yat Mohon Tunggu... Blogger

Penyuka MotoGP, fans berat Valentino Rossi, sedang belajar menulis tentang banyak hal, Kompasianer of The Year 2016, bisa colek saya di twitter @daffana, IG @da_ffana, steller @daffana, FB Ya Yat, fanpage di @daffanafanpage atau email yatya46@gmail.com, blog saya yang lain di www.daffana.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Menikmati Meti di Landainya Pantai Ohoider, Kepulauan Kei

14 Oktober 2019   09:00 Diperbarui: 20 Oktober 2019   17:27 0 9 2 Mohon Tunggu...
Menikmati Meti di Landainya Pantai Ohoider, Kepulauan Kei
dua anak menikmati landainya pantai | Dokumentasi Yayat

Setiap berkah dari Sang Pencipta patut disyukuri dan disambut dengan kebahagiaan. Bagi masyarakat Kepulauan Kei Maluku Tenggara, salah satu berkah itu adalah meti. Meti adalah bahasa Kepulauan Kei yang berarti air laut surut. 

Kepulauan Kei yang dikelilingi oleh lautan ini memang punya beberapa pantai yang beberapa di antaranya landai. Air surut membuat pantai menjadi lebih luas dibandingkan ketika air pasang.

Bulan Oktober dan November adalah bulan di mana air laut surut. Laut cenderung tenang dan hanya ombak kecil yang menghampiri pantai. Cuaca cerah membuat langit di atas Kepulauan Kei biru berawan. 

Inilah waktu yang tepat untuk jalan-jalan menikmati lembutnya pasir pantai di Kepulauan Kei. Kesempatan bagus untuk para orang tua yang biasa sibuk bekerja, membawa anak-anaknya menikmati pantai nan landai.

bersepeda menuju Ohoider| Dokumentasi Yayat
bersepeda menuju Ohoider| Dokumentasi Yayat
Saya tiba di Langgur, Kepulauan Kei Maluku Tenggara Sabtu kemarin. Tak pernah terpikir bisa menjejakkan kaki di sini, namun berkah luar biasa dari Sang Pemilik Nyawa membuat saya bisa menyambangi wilayah yang terdiri dari 68 pulau ini.

Ya... Kepulauan Kei terdiri dari 68 pulau, namun hanya 4 pulau yang didiami penduduknya. Jika Kepulauan Kei saja punya 68 pulau, kebayang nggak betapa banyak jumlah pulau di Indonesia?

Saya tiba di saat yang tepat. Saat cuaca sedang ramah. Sehingga perjalanan dari Jakarta, transit di Ambon, kemudian melanjutkan naik pesawat Wings Air menuju bandara Langgur, lancar tanpa kendala. 

Sungguh saya worry kalau naik pesawat saat cuaca buruk. Nyali saya naik pesawat di cuaca buruk tak sebesar nyali para pembalap MotoGP ketika ngebut.

tetabuhan pengiring tari sawat | Dokumentasi Yayat
tetabuhan pengiring tari sawat | Dokumentasi Yayat
Menyambut Meti dengan Tari Sawat


Festival Meti adalah festival yang rutin digelar di Kepulauan Kei. Festival ini diadakan dalam rangka merayakan air laut yang surut atau meti. Masyarakat antusias dengan festival ini karena Festival Meti menjadi kesempatan memperkenalkan wisata pantai Kepulauan Kei ke para wisatawan. 

Kepulauan Kei memang sedang menggenjot pemasukan dari pariwisata dan ini sah saja karena alam Kepulauan Kei memang luar biasa indahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3